Kenapa Anda Perlu Mengganti Excel Dengan Software BI Pembuat Laporan? FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

Kenapa Anda Perlu Mengganti Excel Dengan Software BI Pembuat Laporan?

Apa yang Salah Dengan Excel?

Dalam kerjaan sehari-hari ketika dihadapkan kepada pembuatan tabel, grafik, analisis data, dan pemrosesan data, Excel pastilah menjadi pilihan pertama kita. Tapi ketika memproses data yang rumit, kita memerlukan bantuan VBA dan seringkali pemakaian VBA dibarengi dengan waktu pembelajaran yang cukup panjang. Ketika jumlah data banyak, tingkat efisiensi pemrosesan Excel menjadi sangat lambat. Jadi inilah alasan mengapa kita harusnya mulai memakai software BI pembuat laporan.

Ketika Anda dihadapkan kepada tujuh atau delapan dimensi dan hampir puluhan ribu data, bagaimana cara menanganinya? Ratusan baris data akan langsung membuat Excel crash. Di saat yang sama, dengan bisnis perusahaan yang terus berkembang, kerjaan dan tugas lainnya juga akan bertambah.

Sebenarnya bukan Excel tidak dapat menangani kerjaan tersebut. Excel adalah software perkantoran pribadi yang unik tapi fungsinya tidak cukup untuk penggunaan komersil. Alasan utamanya adalah waktu pemrosesan. Peran Excel lebih ditonjolkan ke arah kalkulasi dan database kelas ringan.

Pengusaha yang memahami TI mungkin akan menggunakan SQL untuk menangani masalah ini atau mencari programer untuk menulis kode, membuat grafik, analisis, data entri, modifikasi, dan menghapus interface. Semua ini dapat dibuat dengan program yang memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Tapi untuk kebanyakan karyawan, jika ada software BI pembuat laporan yang dapat dengan langsung memecahkan masalah seperti penambahan data, penghapusan, tampilan, analisis interaktif, dapat dipakai di ponsel, dan penggunaan perkantoran, apakah Anda akan tertarik?

Disini, saya ingin memperkenalkan FineReport.

 

Mengapa Anda Perlu Memilih Software BI Pembuat Laporan?

Interface yang Sederhana dan Mudah Dipakai

FineReport adalah software pembuat laporan yang sama seperti Excel tetapi kinerjanya jauh melampaui Excel. Dengan drag and drop, Anda dapat dengan mudah membuat berbagai bentuk grafik. Selain itu, FineReport juga mendukung pengeditan formula untuk memfilter data. Anda dapat dengan mudah membuat laporan dinamis tanpa kode.

Selain dari grafik umum, FineReport juga memiliki heat map dan grafik lainnya dengan efek visual yang menakjubkan. Anda dapat mengunduh dan mencobanya secara gratis.

Aktivasi Gratis

 

Kueri Parameter Data yang Fleksibel

Dalam banyak kasus, kita perlu mengkueri dan memfilter data berdasarkan kondisi. Di Excel, kita biasanya menulis formula yang kompleks selagi menghubungkan data dari laporan-laporan yang berbeda dan menggunakan pivot table untuk menghasilkan fungsi ini. Namun di FineReport, Anda cuma perlu mengikat data field dan kontrol filter (radio, kotak centang, dll.) dengan mengatur parameter. Parameter ini dapat diedit di JavaScript untuk situasi yang lebih kompleks. Kondisi kueri dapat dimasukkan melalui interface untuk mengontrol konten dan bentuk laporan, lalu diekspor dan dicetak.

FineReport juga mendukung drill down untuk menampilkan data yang spesifik. Tidak perlu mengatur pivot table yang kompleks untuk mengkueri hubungan antara tabel, logikanya lebih jelas, dan efisiensi kerja dalam mendapatkan data juga meningkat.

Aktivasi Gratis

 

Fitur Data Entry Untuk Kerjaan yang Berulang

Salah satu kelemahan dari membuat laporan dengan Excel adalah seringkali kita perlu membuat ulang laporan karena beberapa data baru. Fitur data entry FineReport dapat dengan mudah menangani masalah seperti ini. Input datanya mencakup kontrol, kontrol teks, kontrol numerik, kontrol password, single checkbox, halaman web, file, dll. Kontrol ini sesuai dengan data field. Dengan fitur ini, Anda dapat mengumpulkan data dan memperbolehkan pengguna untuk menambah, menghapus, atau memodifikasi database. Untuk masalah kualitas dan keamanan data, Anda juga dapat memverifikasi data yang dimasukkan.

Jika informasi yang dimasukkan tidak akurat, Anda akan diingatkan untuk memodifikasinya saat penyerahan.

Aktivasi Gratis

 

Dashboard Komprehensif

Dashboard yang keren perlu didesain dan ditampilkan melalui laporan keputusan FineReport. Anda dapat mendesain interfacenya dengan drag and drop report block, chart block, dan berbagai kontrol. Kita menyediakan banyak tutorial dashboard yang dapat Anda baca:

Bagaimana Pemula Dapat Membuat Dashboard yang Keren?

Panduan Dashboard COVID-19: Dari Ekstraksi Data Sampai Visualisasi Data

Dashboard yang dibuat dengan FineReport memiliki tingkat interaksi yang kuat dan juga mendukung fungsi drill-down. Karyawan dapat memahami logika antara data dan meningkatkan efisiensi bisnis dengan lebih baik.

Aktivasi Gratis

 

Tampilan Ponsel yang Praktis

Salah satu kelemahan Excell dalam membuat laporan adalah laporan sulit dilihat dari ponsel dan sangatlah merepotkan jika kita ingin mengubah laporan di dalam ponsel. Versi ponsel FineReport memiliki fitur adaptasi yang dapat beradaptasi ke perangkat apapun. Semua data akan nampak jelas. Semua orang dapat melihat data laporan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, karyawan juga dapat melaporkan data dengan mengisi informasi dari ponsel mereka.

Laporan Ponsel Mengenai Informasi Pandemi

Aktivasi Gratis

 

Rangkuman

Software BI pembuat laporan yang mudah digunakan dapat membantu perusahaan dalam mengurangi beban kerja manajemen, membebaskan karyawan dari kerjaan yang terus berulang, meningkatkan efisiensi kerja dan tentunya membantu perusahaan dalam meningkatkan profitabilitas. Jika Anda masih menggunakan Excel untuk membuat laporan dan ingin mencoba software pembuat laporan yang lebih praktis, versi pribadi FineReport yang gratis adalah pilihan yang tepat.

Anda mungkin juga tertarik dengan…

3 Jenis Laporan yang Perlu Dipelajari Seorang Business Analyst

Software Pembuat Laporan yang Melampaui Kinerja Excel 2020

Generasi Laporan: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Facebook Comment

Related Posts

© All Right Reserved