Bagaimana Pemula Dapat Mendesain Visualisasi Data yang Keren? FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

Bagaimana Pemula Dapat Mendesain Visualisasi Data yang Keren?

Mengapa Kita Memvisualisasi Data?

Dalam kerjaan, tak peduli bidang apapun, Anda pasti akan menemukan data dan perlu mengekpresikannya. Peran visualisasi data adalah untuk menyampaikan informasi bisnis dengan lebih baik dengan menggabungkan grafik dan data. Saat ini, hampir semua perusahaan mulai bertransisi dari proses manajemen tradisional ke manajemen berdasarkan data. Visualisasi data dapat membantu pakar analis untuk mendapatkan pengertian yang lebih mendalam dari data dan mendapatkan wawasan yang lebih bernilai secara komersial.

Apa Itu Visualisasi Data?

Visualisasi data adalah tampilan data setelah data dianalisis, yang mencakupi desain grafik, kombinasi dinamik, grafik dua dimensi, grafik tiga dimensi, linkage, drilling, dan tampilan di layar besar, dll.

Fungsi visualisasi data yang terutama dapat direfleksikan kedalam dua aspek:
Pertama adalah tampilan data dan yang kedua adalah analisis bisnis. Tampilan data harusnya mudah dimengerti. Data yang ditampilkan adalah data yang telah diketahui atau hasil analisis data melalui grafik visual. Presentasi terakhir adalah laporan, dashboard, dan bahkan layar besar yang populer. Tampilan data seperti ini sekarang lebih diterima dan disambut oleh khalayak umum. Analitik bisnis adalah cara efektif untuk menerjemahkan data dan metrik yang akan kemudian dianalisis menjadi wawasan bisnis yang bernilai. Setelah melihat grafik, dashboard, dan layar besar, memungkinkan pendukungan pembuatan keputusan berdasarkan fakta.

Unduh template

Bagaimana Cara Membuat Visualisasi Data yang Dapat Diandalkan?

Visualisasi data akan kembali ke pembaca pada akhirnya. Visualisasi data membantu pembaca untuk mengidentifikasi masalah dan membuat keputusan yang tepat melalui petunjuk yang dihasilkan dari data. Jadi data bernilai bukan karena ia dapat dilihat, tapi karena pemikiran dan aksi yang ia hasilkan setelah data dilihat.

Disini, data di perusahaan berbeda dari data aplikasi yang biasa. Kebanyakan tidak berguna untuk pengguna secara langsung melalui program algoritma. Melainkan data dianalisis melalui tampilan yang masuk akal dan manajer akan kemudian berpikir dan menilai, dan akhirnya tindakan akan dibuat sehingga data menjadi berguna.

Siapa yang Mendapatkan Manfaat Dari Visualisasi?

Tak peduli jika Anda membuat laporan tradisional, PPT, atau yang lain, pertama-tama, Anda perlu tahu untuk siapa laporan ini dibuat, apa yang perlu dia ketahui, indikator apa yang dia perlukan, dan bagaimana dia akan menggunakan informasi dan data yang Anda presentasikan dalam proses pembuatan keputusan. Dalam satu kalimat, apakah semua ini untuk menemukan target analisis data: untuk apa laporan ini dibuat? Semua konten akan dipresentasikan dalam analisis data lanjutan dan hasil analisis akan terkait erat dengan tema target ini.

Hasilkan Sistem Indikator

Visualisasi data dibuat untuk memproses data yang rumit menjadi indikator dan membentuk sebuah sistem indikator dalam kondisi finansial sebuah bisnis, penjualan, rantai pasokan, produksi, dll, dan akhirnya menampilkannya secara visual, seperti tingkat pengembalian dan manfaat efisiensi.

Dapat dikatakan bahwa suksesnya sebuah analisis data didasari oleh pembentukan indikator. Kerjaan ini memerlukan personil data pusat atau personil dari grup BI untuk mendalami bisnis guna memahami permintaan, menganalisis data dan membangun gudang.

Gabungkan Visualisasi Data dengan Solusi Bisnis

Jika tujuan visualisasi data adalah untuk mempresentasikan data yang membahas masalah spesifik, dapat diukur, dilaksanakan, relevan dan berdasarkan waktu, maka tambahlah masalah-masalah ini dalam proses produksi dan laporan.

Ketika merencanakan solusi visualisasi data, pastikan ini dibuat untuk memecahkan masalah pengguna secara spesifik. Jadi solusi Anda tidak hanya perlu menjelaskan kesimpulan secara jelas, tapi juga informasi dan pengetahuan mengenai analisis data. Tapi lebih dari itu, agar manajer dapat dengan cepat mencari dan menemukan keputusan sejalan dengan data visual yang Anda rencanakan.

Contoh

Ketika performa sebuah perusahaan tidak memenuhi target, desain skema visualisasi dapat berupa ini.

Langkah 1: Dari perspektif operasi secara keseluruhan, Anda perlu tahu dengan jelas faktor-faktor penting mana yang akan mempengaruhi performa.

Lihatlah performa KPI yang sesuai dengan faktor penting seperti order penjualan, harga kustomer, banyaknya kustomer, aktivitas pengguna, output produk, kualitas, harga, pengiriman, dll. Faktor-faktor ini akan menjadi faktor yang penting yang akan secara langsung mempengaruhi performa. Visualisasi data-data seperti ini adalah dasar dalam mencari solusi.

Langkah 2: Anda perlu menggali faktor penting dan cari tahu faktor apa yang mengakibatkan gagalnya performa.

Contohnya, Anda dapat menggunakan analisis perbandingan untuk meninjau performa semua faktor penting di KPI dalam jangka waktu tertentu.

Dalam menanggapi masalah tertentu, lacak apa rencana Anda saat ini, apakah Anda akan menyesuaikan progres, dan mencari cara untuk meningkatkan kinerja.

Software Visualisasi Data

Terdapat banyak software untuk memvisualisasi data. Grafik plugin seperti ECharts, Highcharts, dan D3.js sangatlah ampuh. Ada juga software seperti Excel, Cognos, Tableau, FineReport, dll. Untuk membuat laporan harian, software-software seperti lebih mudah dipelajari dan dipakai, dan mereka lebih condong ke arah analisis bisnis. Mereka mencakupi satu set kompleks proses pemrosesan data untuk pengumpulan data, analisis, manajemen, mining, dan visualisasi.

Saya menggunakan software yang tidak memerlukan koding, FineReport, yang membantu Anda unuk membuat visualisasi yang keren dengan fitur drag-and-drop yang sederhana.

Dulunya saya menghabiskan dua jam dalam membuat grafik dan gambar. Dengan FineReport, saya dapat menyelesaikan sebuah dashboard dalam 10 menit. Software ini sangatlah mudah dipakai untuk pemula dalam menganalisis data.

Disini saya akan memperlihatkan beberapa dashboard yang saya buat dengan FineReport, jadi Anda semua dapat memahami visualisasi data dengan lebih jelas.

Dashboard Real-Time

Unduh template

 

Efek 3D Dinamis

Unduh template

 

Analisis Penjualan

Unduh template

 

Unduh template

 

Jika Anda ingin memulai visualisasi data dengan cepat, saya sarankan Anda mulai dengan FineReport. Anda dapat mengunjungi situs resmi untuk pengunduhan gratis dan pemakaian. Disini adalah tutorialnya.

Follow FineReport Reporting Software di Facebook untuk mempelajari visualisasi data lebih lanjut!

Artikel yang Berhubungan

Perbandingan 6 Jenis dan 14 Software Untuk Memvisualisasi Data

4 Prinsip Dalam Memilih Kombinasi Warna yang Sempurna untuk Visualisasi Data Anda

Related Posts

© All Right Reserved