Grafik Dinamis: Gerakkan Data Anda FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

Grafik Dinamis: Gerakkan Data Anda

Bagaimana Cara Kerja Grafik Dinamis?

Dibuat Dengan FineReport

Gambar diatas adalah dashboard yang dibuat dengan FineReport yang memiliki grafik dinamis. Dengan mengklik posisi pie chart yang bersangkutan, Anda dapat menampilkan data di suatu area yang spesifik.

Mari bandingkan data yang dipresentasikan dengan Excel. Apakah Anda rasa tampilannya nampak membosankan dan mati? Ini adalah pengalaman intuitif yang dihasilkan grafik dinamis. Selanjutnya, saya akan memberitahu Anda pemahaman yang lebih jelas tentang grafik dinamis dimulai dari definisi, keunggulan, dan metode pembuatannya.

Apa Itu Grafik Dinamis?

Jangan berpikir kalau sebuah grafik bisa bergerak, maka grafik itu adalah grafik dinamis. Definisi akurat dari grafik dinamis merujuk kepada laporan yang tidak memiliki template laporan tetap dan template yang dibuat berdasarkan data bisnis aktual. Inti grafik dinamis adalah data dan jenis grafiknya dapat langsung ditampilkan berdasarkan kondisi yang berbeda. Selain dari menampilkan konten grafik statis umum, grafik ini juga perlu memiliki tingkat interaktivitas yang baik.

Untuk menyederhanakannya, inti penggunaan grafik dinamis ini adalah data laporan dapat dipakai kapan saja. Contohnya, jika atasan ingin melihat data dari bulan tertentu, dia cuma perlu mengatur kondisi parameter filtering. Ketika atasan memilih waktu dan bulan di bagian kontrol, laporan tersebut cuma akan menampilkan data dari bulan tersebut. Inilah yang disebut dengan laporan dinamis.

Tujuan laporan dinamis adalah untuk query dan membaca data dengan lebih mudah dan cepat. Dengan alasan ini, laporan dinamis perlu memiliki banyak fungsi logis seperti:

Parameter Filtering: Denga kondisi yang berbeda maka data yang Anda lihat juga berbeda, ini adalah fungsi dasar laporan dinamis.

Parameter Linkage: Hubungkan dua atau beberapa komponen untuk mengotomatisasi hubungan antar data. Contohnya, klik penjualan di tahun tertentu, detail order di tahun tersebut, tingkat pengembalian bulanan dan ranking penjualan akan terhubung.

Drill Down: Fungsi umum laporan dinamis adalah untuk mengekspansi layer data yang tak terbatas dan untuk mengekspansi data yang memiliki detail dengan dimensi yang lebih tinggi. Contohnya, peta drill-down.

Tampilan Dinamis Parameter Panel: Sehubungan dengan beberapa kebutuhan, dalam banyak kasus, kondisi query tertentu dibutuhkan ketika kondisi tertentu telah dipenuhi. Contohnya, jika Anda memilih satu wilayah, parameter box selanjutnya akan menampilkan kota dan pelanggan di wilayah tersebut secara otomatis.

Dynamic Query: Jika terdapat beberapa tabel di database, bagaimana cara meningkatkan efisiensi query? Anda dapat mengatur kolom data dinamis, masukkan “jia” di dalam kontrol, dan ini akan menampilkan informasi dengan kata “jia” di semua tabel.

Bagaimana Cara Membuat Grafik Dinamis yang Keren?

Proses Pembuatan Grafik Pada Umumnya

Di FineReport, workflow grafiknya serupa dengan Excel, Persiapkan Data – Masukkan Grafik – Pilih Jenis Grafik – Pilih Axis Kategori, Nama Seri dan Nilai Seri – Atur Gaya Grafik.

Grafik yang berbeda

Tabel ini biasanya dipakai untuk menampilkan kata, angka, grid dan juga warna. Ini semua dapat disesuaikan di FineReport.

Anda bahkan dapat membuat laporan seperti ini. Keren kan?

 

Widget Visualisasi Data

Untuk mengintegrasi proses analisis data, kita perlu memahami arti bisnis dibalik data. Selain daripada jenis form ini, grafik visual masih memiliki peran tampilan dinamis yang dikenal sebagai visualisasi dinamis.

Dashboard

Jika Anda ingin produk yang dapat memuaskan atasan Anda, ingat 4 poin ini:

  • Atur layout
  • Cocokkan warna
  • Dekorasi
  • Efek dinamis

Mari kita lihat contoh dashboard ini.

Dibuat Dengan FineReport

Software Untuk Membuat Grafik Dinamis

Akhirnya, perusahaan-perusahaan menggunakan software yang berbeda dalam membuat grafik dinamis sesuai dengan kebutuhan mereka. Tiga skenario ini adalah yang paling umum ditemukan. Semoga bermanfaat.

  • Pakai grafik bawaan Excel untuk membuat grafik reguler. Grafik kompleks lanjutan dapat dibuat dengan Excel seperti grafik dinamis, tampilan grafik yang terfilter dapat dihasilkan dengan menulis VBA;
  • Pakai bahasa coding R, Python, paket fungsi grafik, presentasikan data visual, biasa digunakan oleh data analysts;
  • Pakai open-source visual plugins seperti Echarts, HighCharts, D3.js, embedding code, developing plug-in packages, biasa dipakai oleh visual engineer dan front-end development.

Anda mungkin juga tertarik dengan…

Bagaimana Pemula Dapat Membuat Dashboard yang Keren?

Panduan Untuk Meningkatkan Laporan Data Anda

Apa Itu Visualisasi Data Di Layar Besar dan Cara Pengimplimentasiannya

Related Posts

© All Right Reserved