16 Jenis Grafik Terpopuler untuk Visualisasi Data | FineReport

16 Jenis Grafik Terpopuler untuk Visualisasi Data

Di era ledakan informasi ini, semakin banyak data yang perlu dikelola. Namun demikian, data padat ini seringkali tidak fokus dan tidak mudah dibaca. Sehingga kita membutuhkan visualisasi data untuk membuat data lebih mudah dipahami dan diterima. Sebaliknya, visualisasi lebih bersifat intuitif dan penuh makna, dan sangatlah penting untuk menggunakan grafik yang tepat untuk memvisualisasi suatu data.

dashboard

From FineReport

Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan 16 jenis grafik terpopuler untuk visualisasi data, dan menganalisis skenario penerapan grafik-grafik ini untuk membantu Anda memilih dengan cepat jenis grafik yang tepat untuk menampilkan karakteristik data Anda.

CATATAN: Semua grafik dalam artikel ini diambil dari software visualisasi data, FineReport, dan pengunduhan personal dapat dilakukan secara gratis.

 

1.Grafik Batang

Grafik batang menggunakan batang-batang vertikal untuk menunjukkan perbandingan angka antara kategori tertentu, dan jumlah batang sebaiknya tidak terlalu banyak (label sumbu mungkin akan terpotong jika jumlah batang terlalu banyak).

Grafik Batang

Dari FineReport

Grafik batang memanfaatkan tinggi batang untuk merefleksikan perbedaan pada data, dan mata manusia sangat sensitif terhadap perbedaan tinggi. Namun penggunaannya terbatas karena hanya cocok untuk kumpulan data ukuran kecil atau medium.

Dari FineReport

Skenario Penerapan: perbandingan kelompok data

2.Grafik Balok

Grafik balok hampir sama dengan grafik batang, namun jumlah batang yang digunakan bisa jauh lebih banyak.Dibandingkan dengan grafik batang, posisi kedua sumbu ditukar.

Grafik Balok

Dari FineReport

Grafik Balok

Dari FineReport

Skenario Penerapan: perbandingan data (nama kategori bisa lebih panjang karena ada lebih banyak ruang pada sumbu Y)

3.Grafik Garis

Grafik garis digunakan untuk menunjukkan perubahan data pada jangka waktu atau periode tertentu.Sifatnya cenderung untuk menggambarkan perubahan yang terjadi berdasarkan waktu atau susunan kategori.

Perlu dicatat bahwa jumlah data pada grafik garis harus lebih dari 2 yang dapat digunakan untuk membandingkan tren dari volume data besar. Dan sebaiknya tidak melebihi 5 polyline (garis multi-segmen) dalam 1 grafik.


Grafik Garis

Dari FineReport

Dari FineReport

Skenario Penerapan: tren volume data berdasarkan waktu, perbandingan tren

4.Grafik Area

Grafik area dibentuk berdasarkan grafik garis.Pada grafik area, area antara polyline dan sumbu pada grafik garis diberi warna. Pemberian warna akan menonjolkan informasi tentang tren dengan lebih baik.

Warna pada grafik area harus dibuat cukup transparan. Warna yang transparan akan membantu pengguna untuk mengamati hubungan yang tumpang tindih antara kelompok data yang berbeda. Jika tidak dibuat transparan, maka akan ada bagian data yang tertutup oleh kelompok data lainnya.

Grafik Area Grafik Area

Dari FineReport

Dari FineReport

Skenario Penerapan: rasio kelompok data, rasio tren waktu

5.Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran digunakan secara luas di berbagai bidang untuk mempresentasikan proporsi dari setiap klafisikasi yang berbeda dan untuk membandingkan berbagai klasifikasi berdasarkan busurnya.

Diagram lingkaran tidak cocok digunakan untuk data yang mempunyai banyak kelompok, karena ketika kelompoknya semakin banyak, setiap irisan akan menjadi lebih kecil dan akhirnya perbedaan ukuran menjadi tidak terlalu kelihatan.

Diagram Lingkaran

Dari FineReport

Diagram lingkaran juga dapat dibuat menjadi diagram lingkaran berlapis yang menunjukkan proporsi dari kategori data yang berbeda sementara pada saat yang sama juga merefleksikan hubungan hirarkis.

Diagram Lingkaran

Dari FineReport

 

Skenario Penerapan: rasio kelompok data, perbandingan ukuran kelompok data (diagram mawar)

6.Grafik Tebar

Grafik tebar menunjukkan dua variabel dalam bentuk titik-titik pada sistem koordinat persegi. Posisi titik ditentukan oleh nilai variabel. Dengan mengamati distribusi data, kita dapat menyimpulkan korelasi dari variabel yang ada.

Grafik tebar memerlukan banyak data, jika hanya sedikit maka korelasinya tidak akan terlihat jelas.

Grafik Tebar

Dari FineReport

Grafik Tebar

Dari FineReport

Skenario Penerapan: analisis korelasi, distribusi data

7.Grafik Gelembung

Grafik gelembung adalah grafik multi-variabel yang merupakan variasi dari grafik tebar. Kecuali untuk nilai variabel yang diwakili oleh sumbu X dan Y, area setiap gelembung menggambarkan nilai ketiga.

Kita harus ingat bahwa ukuran gelembung itu terbatas, dan terlalu banyak gelembung akan membuat grafik sulit untuk dibaca.

Grafik Gelembung

Dari FineReport

Skenario Penerapan: perbandingan kelompok data, analisis korelasi

8.Gauge (Ukuran)

Gauge pada visualisasi data merupakan sejenis grafik aktual. Skala menggambarkan metrik, penunjuk menggambarkan dimensi, dan sudut penunjuk menggambarkan nilainya. Gauge dapat menggambarkan secara visual kemajuan atau situasi yang sebenarnya dari sebuah indikator.

Gauge cocok digunakan untuk membandingkan interval.

Gauge (Ukuran)

Dari FineReport

Gauge juga dapat dipresentasikan dalam bentuk cincin atau tabung untuk menunjukkan rasio.

Gauge (Ukuran)

Dari FineReport

Skenario Penerapan: jam, tampilan rasio

9.Grafik Radar

Grafik radar digunakan untuk membandingkan berbagai variabel yang dikuantisasi seperti untuk melihat variable yang mempunyai nilai yang hampir sama, atau jika ada nilai yang ekstrim. Grafik radar juga membantu untuk mengamati variabel data yang mempunyai nilai lebih tinggi atau lebih rendah. Grafik radar cocok digunakan untuk mendemonstrasikan kinerja proyek.

Gauge (Ukuran)

Dari FineReport

Grafik radar juga mempunyai model batang bertumpuk yang dapat digunakan untuk perbandingan dua arah antara klasifikasi dan kelompok data, dan juga menggambarkan proporsi.

Dari FineReport

Skenario Penerapan: analisis dimensi, perbandingan kelompok data, analisis bobot kelompok data

10.Diagram Kerangka

Diagram Pohon adalah alat visual yang digunakan untuk menggambarkan hierarki dalam bentuk struktur pohon yang dengan jelas menunjukkan hubungan hierarkis.

Diagram Kerangka

Dari FineReport

Skenario Penerapan: tampilan hierarkis, tampilan proses

11.Diagram Pohon Persegi

Diagram pohon persegi cocok untuk menyajikan data yang mempunyai hubungan hierarkis yang dapat menggambarkan secara visual perbandingan antara level yang sama. Dibandingkan dengan diagram struktur pohon tradisional, diagram pohon persegi menggunakan ruang dengan lebih efisien dan juga dapat berfungsi untuk menampilkan proporsi.

Diagram pohon persegi cocok untuk menampilkan hierarki yang mempunyai hubungan dengan bobot. Jika proporsi tidak perlu ditampilkan, diagram kerangka mungkin akan terlihat lebih jelas.

Diagram Pohon Persegi

Dari FineReport

Skenario Penerapan: pohon data dengan bobot, proporsi pohon data

12.Diagram Corong

Diagram corong menampilkan proporsi dari setiap fase dan secara visual menggambarkan ukuran dari setiap modul. Diagram corong cocok digunakan untuk membandingkan peringkat.

Diagram Corong

Dari FineReport

Selain itu, diagram corong juga dapat digunakan untuk perbandingan. Kita dapat mengatur beberapa diagram corong secara horizontal dan kekontrasan data juga terlihat jelas.

Diagram Corong

Dari FineReport

Skenario Penerapan: peringkat data, rasio, perbandingan nilai standar

13.Diagram Word Cloud

Word Cloud adalah presentasi visual dari data teks. Bentuknya seperti grafis berwarna berbentuk awan yang terdiri dari kosa kata. World Cloud digunakan untuk menampilkan data teks dalam jumlah besar dan dapat dengan cepat membantu para pengguna untuk melihat teks yang paling menonjol.

Diagram word cloud membutuhkan data dalam jumlah besar, dan derajat pembeda data cukup besar, jika tidak maka dampaknya tidak akan terlihat jelas. Dan word cloud tidak cocok digunakan untuk menganalisis keakuratan.

Diagram Word Cloud

Skenario Penerapan: pencarian kata kunci

14.Diagram Gantt

Diagram Gantt secara visual menunjukkan waktu perngerjaan proyek, progres aktual dan perbandingannya dengan permintaan. Sehingga manajer dapat dengan mudah memahami progres dari sebuah proyek.
Diagram Gantt

Dari FineReport

Skenario Penerapan: progres proyek, status, perubahan berdasarkan waktu, proses proyek

15.Peta

Peta dibagi menjadi tiga jenis: peta wilayah, peta titik, dan peta aliran .

(1) Peta Wilayah

Peta wilayah adalah peta yang menggunakan warna untuk menggambarkan distribusi rentang nilai tertentu pada suatu bagian peta.

Peta Wilayah

Dari FineReport

Skenario Penerapan: perbandingan dan distribusi data

(2) Peta Titik

Peta titik adalah sebuah metode untuk mempresentasikan secara geografis distribusi data dengan menggambar titik-titik yang berukuran sama di atas latar belakang geografis.

Distribusi titik mempermudah pemahaman distribusi data secara menyeluruh, namun peta titik tidak cocok digunakan untuk mengamati data tunggal yang spesifik.

Peta Titik

Dari FineReport

Skenario Penerapan: distribusi data

Tapi jika Anda mengganti titik dengan gelembung, maka peta titik tidak hanya dapat menunjukkan distribusi tapi juga membandingkan secara kasar ukuran data dari setiap wilayah.

Peta Titik

Dari FineReport

(3) Peta Aliran

Peta aliran menampilkan interaksi data antara bagian arus keluar dan bagian arus masuk. Peta aliran biasanya diekspresikan dengan menghubungkan pusat geometri gravitasi elemen keruangan dengan garisLebar atau warna garis menggambarkan nilai aliran.

Peta aliran membantu mengilustrasikan distribusi migrasi geografis, dan penggunaan garis arus dinamis akan mengurangi kekacauan visual.

Peta Aliran

Dari FineReport

Skenario Penerapan: aliran, distribusi dan perbandingan data

16.Heatmap

Heatmap digunakan untuk menunjukkan bobot dari setiap titik di area geografis. Selain peta yang digunakan sebagai latar, Anda juga dapat menggunakan gambar yang lain. Dan warna pada heatmap biasanya digunakan untuk menggambarkan densitas.

Heatmap

Dari FineReport

Skenario Penerapan: kunjungan wilayah, distribusi panas, distribusi berbagai hal

Akhirnya

Semua diagram di atas adalah 16 jenis diagram yang paling sering dipakai untuk visualisasi data. Jika Anda ingin mulai melakukan visualisasi data, saya menyarankan agar Anda mulai dengan mempelajari cara membuat diagram dasar ini dan berlatih menggunakan alat yang mudah digunakan seperti FineReport.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa diagram dasar itu terlalu sederhana atau primitif, dan mereka cenderung menggunakan diagram yang lebih rumit. Namun, semakin sederhana diagram yang digunakan, semakin mudah bagi orang-orang untuk memahami data dengan cepat. Bukankah itu adalah tujuan yang terpenting dalam visualisasi data? Maka itu sebaiknya Anda tidak menganggap remeh diagram dasar ini. Karena para pengguna lebih terbiasa dengan diagram-diagram ini. Semua diagram ini seharusnya dijadikan prioritas selama masih dapat diterapkan.

Alamat asli: https://www.finereport.com/en/data-visualization/top-16-types-of-chart-in-data-visualization.html

Facebook Comment

Related Posts

© All Right Reserved