Apa Itu Visualisasi Data? Definisi, Pentingnya, Jenis, dan Software | FineReport

Apa Itu Visualisasi Data? Definisi, Pentingnya, Jenis, dan Software

Kamu pasti pernah melihat data visualisasi sebelumnya. Tapi apa sesungguhnya arti visualisasi data? Grafik? Bagan? Atau dashboard? Hari ini, saya telah mengumpulkan semua info yang kamu perlu tahu mengenai visualisasi data yang mencakupi definisi, kepentingan, dan tipe-tipe dasar visualisasi data. Selain itu, saya juga akan memperkenalkan top 16 tipe grafik yang dipakai dalam memvisualisasi data dan menganalisis penggunaan semua grafik ini dalam skenario yang berbeda jadi kamu tahu tipe grafik mana cocok dengan kebutuhanmu. Kamu akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang cara mendesain visualisasi data.

1. Apa itu Visualisasi Data?

2. Kenapa Visualisasi Data itu Penting?

3. 5 Tipe Visualisasi Data yang Umum Dipakai

4.Bagaimana Cara Memilih Software Visualisasi Data?

1. Apa itu Visualisasi Data?

Singkatnya, visualisasi data dipakai untuk mempresentasikan data yang terstruktur ataupun tidak dengan grafik atau bagan untuk menampilkan info yang tersembunyi didalam data.

Eh, ada tapinya:

Aplikasi pembuat data visual tidak hanya mengubah data menjadi grafik, tapi juga melihat dunia dari sudut pandang data. Dengan kata lain, objek data visual adalah data, dan yang sebenarnya kita mau ialah menggunakan data sebagai suatu alat, dan memvisualisasi data tersebut untuk menjelajah dunia.

visualisasi data dashboard
Dari FineReport

Unduh template

 

2. Kenapa Visualisasi Data itu Penting?

Mari kita mulai dengan satu permainan.

Kenapa Visualisasi Data itu Penting?
Dari FineReport

Lihat:

Alasan utama kenapa data visual sangatlah penting dikarenakan oleh data yang ditampilkan secara visual memungkinkan banyak orang untuk memahami data dengan lebih cepat. Mencari informasi dari data yang bergunung-gunung tidaklah mudah, tetapi bagan dan grafik dapat mempermudah pencarian informasi dengan cepat dan tepat.

Tidak hanya itu….

Alasan lain mengapa data visual itu penting

Penelitian menunjukkan bahwa orang mengingat 80% dari apa yang mereka lihat, tapi cuma 20% dari apa yang mereka baca. Otak kita dapat mengingat gambar jutaan kali lebih cepat daripada kata.

Dan karena itu, data visual dapat membantu kita dalam mengingat dan mencerna informasi.

see and read
Dari Google

Kemampuan untuk menampilkan data dalam skala besar juga merupakan salah satu alasan mengapa data visual itu penting. Contohnya, dashboard yang diciptakan dengan FineReport dapat mengintegrasi data dalam skala besar melalui banyak sumber yang berbeda, menampilkan data secara real-time dan di layar besar. Karena alasan ini, kamu dapat menghubungkan data-data dari departemen yang berbeda dan meninjau kinerja bisnis. Ini juga dapat membuka peluang baru untuk bisnis dan mungkin saja, kamu dapat menemukan sesuatu yang tak terduga dari segombolan besar data melalui visualisasi data.

large screen
Dari FineReport

 

3.  Five Tipe Visualisasi Data yang Umum Digunakan

3.1. Data visual berdasarkan area & ukuran

Membedakan panjang, tinggi, atau area dari grafis yang sama (seperti kolom, cincin, spider, dll.) untuk menampilkan perbedaan antara nilai indeks yang berkorespondensi dengan indikator yang berbeda secara jelas. Cara ini memungkinan peninjau untuk melihat dan membandingkan data dengan sekali pandang. Formula matematika biasa digunakan untuk menampilkan skala secara akurat ketika membuat grafik data visual ini.

Contoh:

a. Check-in Berdasarkan Kota

Tipe Visualisasi Data
Dari FineReport

Unduh template

Histogram check-in yang berdasarkan kota ini jelas menunjukkan proporsi pelajar di wilayah yang berbeda-beda. Dari gambar diatas, kita dapat melihat proporsi pelajar secara jelas di Beijing, Guangzhou, dan Shanghai hanya dengan sekali pandang.

b. Peta Dana Anggaran Federal

Data visual berdasarkan area & ukuran
Dari Google

Dari peta dana anggaran federal Amerika diatas, aliran, sumber dan jumlah dana nampak jelas.

c. Diagram Perusahaan Model Spider

Data visual berdasarkan area & ukuran
Dari FineReport

Unduh template

Seperti yang kamu lihat diatas, melalui diagram spider, kamu dapat melihat profitabilitas dan kemampuan kontrol resiko perusahaan hampir mencapai 100 poin, cukup mengagumkan bukan?

3.2 Visualisasi data berdasarkan warna

Visualisasi data berdasarkan warna cukup sering digunakan dalam membandingkan ukuran nilai indeks. Pengguna dapat melihat data mana yang lebih menonjol hanya dengan sekejap.

Contoh:

a. Heatmap Klik

Seperti yang bisa kamu lihat dibawah, pola guna pengguna dapat divisualisasikan melalui heatmap yang dihasilkan melalui pergerakan mouse.

Visualisasi data berdasarkan warna
Dari FineReport

Unduh template

b. Heatmap Gempa Bumi
Heatmap dibawah menunjukkan intensitas seismik dari tiap lokasi di peta dan pendistribusiannya.

Visualisasi data berdasarkan warna
Dari FineReport

Unduh template

3.3. Visualisasi data berdasarkan gambar

Dengan menggunakan gambar dan ikon, data dapat ditampilkan secara realistik dan informasi dapat disampaikan dengan lebih mudah.

Contohnya, grafik dibawah menampilkan proporsi laki-laki dan perempuan melalui ikon sebagai latar belakang. Kamu dapat mengenal laki-laki dan perempuan dengan sekejap melalui ikon tersebut.

Visualisasi data berdasarkan gambar
Dari FineReport

Unduh template

3.4 Visualisasi data berdasarkan konsep

Dengan menerjemahkan data indikator yang abstrak menjadi data yang gampang dicerna, pengguna dapat dengan mudah memahami arti dari sebuah grafik.

Contoh:

a. Apa itu Data yang Tidak Terstruktur?

Semua orang tahu bahwa gunung es nampak di laut hanyalah ujungnya. Badan gunung es terdapat di bawah laut. Ini menejelaskan jumlah data data yang tidak terstruktur, terstruktur dan menggambarkan karakteristik data yang tidak terstruktur melalui konsep transformasi yang jelas untuk memudahkan pemahaman konsep yang tidak diketahui dan susah.

Visualisasi data berdasarkan konsep
Dari Google

b. Infografik

Infografik mewakili konsep visualisasi. Jika kamu tertarik akan membuat infografik, kunjungi 7 Aplikasi Visualisasi Data untuk Membuat Infografik.

3.5 Visualisasi data berdasarkan grafik atau bagan

Ketika kita merancang indikator dan data, penggunaan grafis berhubungan dengan topik presentasi akan membuat tampilan data lebih jelas sehingga pengguna dapat dengan mudah mengerti kegunaan grafik tersebut. Ini adalah jenis visualisasi data yang paling umum digunakan.

Visualisasi data berdasarkan grafik atau bagan
Dari FineReport

Unduh template

4. Bagaimana Cara Memilih Software Visualisasi Data?

Beberapa software visualisasi data tersedia di internet. Software-software ini berbeda dalam hal harga, fungsi, fitur, dan desain.

Berikut ini adalah fitur penting yang dimiliki software visualisasi data.

4.1Berbagai Macam Desain Grafik

Software visualisasi data adalah software pemasaran yang berguna yang dilengkapi dengan tambahan template grafis dan desain yang di update. Hal ini tidak hanya menyediakan klasifikasi yang efektif dan susunan data tetapi juga mendukung kreativitas pengguna.

Grafik umum yang tersedia di dalam software visualisasi data adalah grafik pie, grafik bar, dan grafik garis.

4.2 Melacak tren dengan akurat

Software visualisasi data harus memiliki kemampuan untuk melacak tren secara akurat. Fitur ini membantu melacak tren terkini dalam industri dimana bisnis kita berada.

4.3 Keamanan tinggi

Integritas informasi yang didapat dari pemrosesan data melalui pengumpulan, pengaturan, dan klasifikasi sangatlah penting untuk analisis yang akurat dan pembuatan keputusan.

Proteksi data sangat penting dalam menjaga kerahasiaan dan data yang didapatkan dengan susah payah. Dengan tidak adanya sistem keamanan yang memadai yang tertanam di dalam software, resiko data menghilang meningkat. Data hilang berarti tambahan biaya untuk mendapatkan data kembali.

4.4 Layar interaktif sederhana

Pengguna cenderung memilih software yang user-friendly karena mudah dipelajari. Pengoperasian dan pembelajarannya haruslah mudah. Pengetahuan dan keahlian operator utama software tersebut harus dipertimbangkan dalam memilih software untuk visualisasi data.

Disini saya merekomendasikan FineReport

FineReport adalah software pembuat laporan dan dashboard cerdas yang mudah digunakan bahkan untuk pengguna non-teknis sekalipun.

FineReport menyediakan grafik HTML5 kembangan sendiri yang impresif yang dapat secara mulus ditampilkan di situs apapun atau halaman web 3D, dengan efek yang dinamis. Terdapat 19 kategori dan lebih dari 50 gaya grafik termasuk grafik umum seperti grafik kolom, grafik garis, grafik pie, dan juga jenis grafik canggih seperti grafik radar, scatter plot, dll. Selain itu, FineReport menyediakan banyak jenis peta dan efek yang keren.

Interactive data visualization

3D Maps

Unduh template

FineReport dapat beradaptasi ke ukuran layar apapun, dari TV, layar besar, sampai ke ponsel. Dan berkat tampilan adaptif, Anda dapat menampilkan dashboard KPI ke layar TV di konferens, atau menampilkan dashboard yang keren di layar besar dalam pusat pameran industri.

Selain tampilan real-time, fungsi entri data inovatif memperbolehkan Anda memasukkan data ke database secara langsung melalui formulir online untuk mengumpulkan data dan meng-update database Anda.

Sebagai software yang 100% asli Java, sangatlah mudah untuk mengintegrasikan sistem bisnis apapun, yang dapat membantu Anda dalam mengintegrasi dan memvisualisasi data bisnis Anda dengan tampilan yang komprehensif.

FineReport gratis untuk penggunaan pribadi. Anda dapat mengunduhnya untuk memulai visualisasi data Anda.

 

 

Related Posts

© All Right Reserved