Top 5 Software BI 2020: Perbandingan dan Cara Memilih FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

Top 5 Software BI 2020: Perbandingan dan Cara Memilih

Dengan meningkatnya peran software business intelligence (BI) di perusahaan-perusahaan, efek dan penggunaan teknologi ini akan meningkat pesat di tahun mendatang. Software BI membantu bisnis dengan tampilan dan analitik data untuk membantu perusahaan dalam melihat situasi, tantangan pasar dan juga peluang. Karena itu, sekarang banyak departemen TI dan manajer yang mencari software BI yang terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka.

BI

Dari Google

Di artikel ini, saya akan membandingkan top 5 software BI di tahun 2020 berdasarkan kemudahan penggunaan, fitur, dan harga. Dan di akhir artikel ini setelah semua perbandingan tersebut, Anda akan dapat melihat software mana yang paling cocok untuk Anda ataupun perusahaan Anda.

Proses penilaian:

  • Kemudahan penggunaan: Bagaimana desain user interface-nya? Apakah software ini intuitif? Apakah sulit digunakan? Apakah software ini memiliki latihan, tooltip, atau video untuk membantu Anda mempelajarinya?
  • Fitur BI: Apa keunggulan dan kelemahan yang perlu Anda perhatikan?
  • Harga: Berapa harga software ini?

Ulasan Tableau

Top BI tool

Dari Google

1. Kemudahan Penggunaan

Cara intuitif software ini dalam membuat grafik dan interface yang user-friendly memungkinkan pengguna awam untuk memanfaatkan fungsi aplikasi dasar secara maksimal. Saat merancang dashboard, Anda perlu membuat worksheet dan kemudian menyeretnya ke container. Untuk pengguna yang menggunakannya pertama kali, perlu waktu untuk terbiasa.

Namun, secara umum, pengguna non-teknis dapat menikmati kemampuan parsing statistik tanpa pelatihan yang mendalam. Untuk pengetahuan yang lebih mendalam mengenai kemampuan solusi, komunitas Tableau adalah tempat yang baik memulai karena fans Tableau menginvenstasikan keahlian dan skill mereka kedalam komunitas tersebut dan mereka bersedia untuk membantu pengguna jika terdapat masalah dan juga berbagi pengalaman mereka.

2. Fitur BI: Keunggulan dan Kelemahan

  • Keunggulan: Mendukung Berbagai Data Source

Relational database

NoSQL database

Multi-dimensional database

Big Data Platform

File data sources (Execl,csv, txt, Json, pdf, mdb, Tableau)

  • Keunggulan: Visualisasi Data yang Menakjubkan

Kemampuan visualisasi yang tak tertandingi adalah keunggulan utama Tableau. Dengan menggunakan teknologi visualisasi yang unik, kita dapat dengan cepat menganalisis data dengan cara mengekspresikan hasil analisis dengan menggunakan warna, bentuk, dan ukuran. Tim development masih menginvestigasi mana jenis grafik yang lebih disukai pengguna jadi Tableau dapat menampilkan grafik terbaik untuk data. Satu-satunya kelemahan di bagian ini adalah meter, grafik 3D dan ketidakmampuannya dalam membuat heatmap.
  • Kelemahan: Kemampuan BI yang Rendah

Tableau tidak memiliki fungsi yang diperlukan oleh software BI komprehensif seperti laporan skala besar, pembuatan tabel data, dan static layout. Selain itu, format expor dan pencetakan juga terbatas yang mempersulit pembagian hasil.

  • Kelemahan: Masalah Dalam Penyesuaian

Tableau cukup tertutup karena sulit untuk disesuaikan kedalam TI perusahaan.

3. Harga

Harga Tableau berdasarkan jumlah pengguna. Karena harga lisensinya yang cukup mahal untuk perusahaan berukuran kecil dan menengah, Tableau biasanya dipakai oleh perusahaan besar.

Ulasan FineReport

best BI tool

Dari Google

1. Kemudahan Penggunaan

Dengan interface seperti Excel dan fitur drag&drop, bahkan pemula dapat menggunakan FineReport. Terutama bagi orang yang pernah menggunakan Excel, FineReport dapat dipelajari secara cepat. Situs resminya menyediakan dokumen dan video pembelajaran untuk pengguna. Dan yang lebih penting, layanan technical supportnya siap melayani 24/7.

2. Fitur BI: Keunggulan dan Kelemahan

  • Keunggulan: Data entry cerdas

Data entry adalah salah satu fitur utama FineReport. Fitur yang kaya akan kontrol ini mempermudah input data skala besar kedalam database secara langsung melalui form, dengan fungsi lain seperti validasi data dan storage sementara. Disamping itu, FineReport juga mendukung impor data excel online dan dalam batch.

  • Keunggulan: Mudah untuk membuat laporan kompleks

Kapasitas FineReport dalam menangani laporan kompleks sangatlah impresif. Anda dapat dengan bebas men-splice blok agregasi, mengeliminasi masalah dari masalah umum dalam merging dan splitting sel di Excel. Tiap blok agregasi bersifat independen, Anda dapat men-drag&drop dan menggabungkan mereka secara bebas untuk membuat laporan khusus.

  • Kelemahan: Analisis multi-dimensional yang sulit

Anda dapat mengatur beberapa drill-down dan up untuk satu data sel, tapi Anda perlu membuat sebuah laporan untuk setiap dimensi.

  • Kelemahan: Tidak ada rekomendasi fitur grafik

Meskipun FineReport menyediakan banyak efek visual, grafik, peta, efek 3D, FineReport tidak merekomendasikan grafik berdasarkan data jadi Anda perlu memilih grafik sendiri.

3. Harga

Penggunaan pribadi FineReport gratis tanpa batasan waktu dan fitur. Untuk perusahaan, harganya berdasarkan modul fungsi dan pengguna. Harganya diantara Tableau dan PowerBI.

Coba gratis

Ulasan PowerBI

BI Tool comparison

Dari Google

1. Kemudahan Penggunaan

Karena software ini dikembangkan oleh Microsoft, pivot table dan tool visualisasi data Excel telah dikembangkan, user interface PowerBI serupa dengan Excel dan cukup mudah dipelajari. PowerBI juga menyediakan video dan dokumen pembelajaran untuk membantu Anda mempelajarinya.

2. Fitur BI: Keunggulan dan Kelemahan

  • Keunggulan: Integrasi Excel

PowerBI dapat dengan mulus dikoneksikan ke MS Office apapun. Dan dengan PowerBI, Anda dapat memasukkan data kedalam Excel sehingga mempermudah Anda untuk melihat data mentah dibalik visualisasi.

  • Keunggulan: Visualisasi script R

PowerBI adalah satu-satunya dalam top 5 software BI yang mendukung R, yang menggunakan analitik yang kaya dan kemampuan visualisasi R untuk mempresentasikan data shaping yang canggih dan analitik seperti perkiraan.

  • Kelemahan: Masalah manajemen otoritas

PowerBI tidak memiliki kontrol di tingkat perusahaan, jadi ia tidak mendukung pengalokasian permission multi-level dan ia tidak dapat mengontrol permission granularity tingkat kolom yang dilihat pengguna dan tidak ada strategi kontrol yang sesuai untuk grup.

  • Kelemahan: Kapasitas rendah dalam menangani data untuk versi gratisnya

Versi gratis PowerBI memiliki keterbatasan dalam hal jumlah data yang dapat ia tangani. Jika jumlah data telah mencapai 2GB, Anda perlu meng-upgrade ke versi paid untuk mengurangi waktu proses.

3. Harga

Jika budget Anda rendah, ini adalah software yang cocok untuk Anda. Harga versi Pro nya adalah $9.99/bulan/pengguna, lebih murah dibandingkan kompetitornya.

Ulasan QlikView

Compare BI Tools

Dari Google

1. Kemudahan Penggunaan

QlikView adalah software BI self-service yang beroperasi dengan “teknologi asosiasi” tersendiri dan teknologi in-memory. QlikView memiliki interface intuitif yang dapat digunakan secara intuitif dan memiliki search function cerdas. QlickView tidak memerlukan cube construction dan lebih cocok untuk analisis ad hoc daripada analisis rutin.

2. Fitur BI: Keunggulan dan Kelemahan

  • Keunggulan: Data Search Langsung dan Tidak Langsung

Di QlikView, Anda dapat mencari data secara langsung dan tidak langsung. Di pencarian langsung, Anda dapat menginput data dan mendapatkan informasi Anda. Di pencarian tidak langsung, Anda dapat menginput sesuatu yang berkaitan dengan data yang Anda perlukan dan Anda akan mendapatkan data yang berkaitan.

  • Kelemahan: Tidak user-friendly untuk pengguna non-teknis

Manajemen data harusnya user-friendly. Saat ini, hal ini terdapat didalam script editor. Orang dengan pengetahuan Relational Database dapat menanganinya dengan mudah, tapi diperlukan pengetahuan seorang programmer. Jika Anda adalah pengguna non-teknis, QlikView cukup sulit untuk dipelajari.

  • Kelemahan: Tidak mendukung grafik peta

Pembuatan grafik pemetaan geografis cukup kompleks kecuali jika Anda membeli add-on third-party.

3. Harga

Setiap user pribadi akan dikenai $1,350 dan untuk pemakaian bersama $15,000. Sebuah lisensi server dikenai $35,000. Dan dikenakan biaya tambahan untuk fitu lainnya.

Ulasan Sisense

Dari Google

1. Kemudahan Penggunaan

Seperti kompetitor lainnya dalam software BI, interfacenya intuitif sehingga pengguna dapat mengoperasikannya dengan drag&drop. Sisense juga memiliki komunitas online. Meskipun pengguna komunitas Sisense kurang aktif dibandingkan dengan Tableau, resource di komunitas ini cukup dipakai oleh pemula untuk deep learning.

2. Fitur BI: Keunggulan dan Kelemahan

  • Keunggulan: Cepat

Dengan in-chip engine dalam software ini, Anda dapat bertanya dan mendapatkan jawab secara cepat tanpa perlu kembali ke drawing board untuk masalah baru.

  • Keunggulan: Integrasi fleksibel

Sisense dapat dengan mulus mengintegrasi aplikasi third-party populer seperti Google Adwords, Excel, Zendesk, dan Salesforce.

  • Kelemahan: Grafik yang terbatas

Grafiknya terbatas. Selain itu, visualisasi dan fitur pelaporannya terlalu mendasar dibandingkan dengan kompetitornya.

  • Kelemahan: Tidak mudah untuk kerjaan tim

Saat ini, admin tidak dapat mengedit dashboard admin lain, hanya pemilik folder dan dashboard yang dapat mengedit dan mempublikasinya.

3. Harga

Terdapat versi free trial, harga full version nya berdasarkan kuota dan Anda perlu menghubungi mereka.

Software BI Mana yang Terbaik Untuk Keperluan Saya?

Diatas Anda telah membaca keunggulan dan kelemahan masing-masing software, jika Anda melihat top 5 software BI diatas, manakah yang terbaik? Semua software ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jika Anda masih belum yakin dalam memilih software yang mana, silahkan baca yang dibawah ini.

Pilih Tableau jika Anda:

  • Perlu software yang menyediakan visualisasi data yang menakjubkan.
  • Memiliki budget yang cukup.
  • Ingin menganalisis bisnis sendiri dengan interface drag and drop.

Pilih FineReport jika Anda:

  • Ingin menghemat waktu dalam membuat laporan kompleks dalam batch.
  • Memiliki kriteria untuk deployment fleksibel dan integrasi software BI.
  • Ingin menampilkan dashboard Anda di TV atau layar besar.

Pilih PowerBI jika Anda:

  • Menggunakan MS Office dan akrab dengan penggunaan Excel.
  • Memiliki budget rendah dan mencari opsi yang terjangkau.
  • Menghargai fitur teamwork dan kolaborasi software ini.

Pilih QlikView jika Anda:

  • Berfokus kepada analisis ad-hoc.
  • Menangani data set yang banyak dan memiliki permintaan tinggi dalam cepatnya pengiriman data.
  • Menguasai pengetahuan umum tentang relational database dan pengetahuan programming

Pilih Sisense jika Anda:

  • Perlu menangani dataset yang berbeda dan besar
  • Memiliki persyaratan tinggi untuk kecepatan pemrosesan data
  • Mencari software yang mencakup semua aspek analitik bisnis

Anda mungkin tertarik juga dengan…

Sepuluh Software Terbaik Untuk Perkantoran: Tingkatkan Efisiensi Anda

Software Pelaporan: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Panduan Pemula Menuju Dashboard Bisnis

Related Posts

© All Right Reserved