Pembuatan Laporan: Semua yang Perlu Anda Ketahui FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

Pembuatan Laporan: Semua yang Perlu Anda Ketahui

1. Dasar pembuatan laporan

Laporan dibuat dengan menggunakan aplikasi pembuat laporan, terutama untuk pengusaha. Software ini dipanggil aplikasi pembuat laporan. Untuk membuat sebuah laporan, Anda perlu membuat sebuah definisi tentang laporan tersebut yang mencakupi data apa yang diperlukan, dimana mendapatkannya, dan cara menampilkannya.

Dengan ini, ketika Anda menjalankan laporan, prosesor laporan akan mengambil data dengan definisi laporan tertentu dan menggabungkan data dengan layout laporan untuk membuat laporan. Anda dapat melihat preview laporan di aplikasi pembuat laporan tersebut. Setelah itu, laporan dapat dipublikasikan ke server laporan untuk administrasi atau dibagikan kedepannya. Dan kemudian, Anda dapat melaporkan data ke manajer Anda, tim atau mitra kerja.

report generator

Dari FineReport

2. Mengapa kita memerlukan aplikasi pembuat laporan?

Anda mungkin berpikir bahwa Excel telah berperan besar dalam membuat laporan untuk perusahaan sejak dulu. Kenapa kita masih memerlukan aplikasi pembuat laporan?

Sebenarnya, aplikasi pembuat laporan lebih profesional dan nyaman dalam membuat laporan daripada Excel, dari data entry ke tampilan data. Sebagai contoh, ketika Anda mengekstrak data dari database, Anda tidak perlu menulis kode sebanyak yang Anda tulis dalam database SQL. Bahkan pengguna non-teknis dapat mendapatkan data dengan beberapa klik.

Selain itu, formula seperti YoY atau MoM sudah terdapat di dalam aplikasi ini, jadi Anda tidak perlu memasukkan formula secara manual seperti yang biasa Anda lakukan di Excel.

3. Fitur aplikasi pembuat laporan

  • Mendukung pengekstraksian data dari berbagai sumber data

Pengguna dapat mengekstrak data dari berbagai sumber data dan menggabungkan mereka dengan aplikasi pembuat laporan

  • Mendukung pengeksporan dan pencetakan laporan

Aplikasi pembuat laporan memungkinkan Anda untuk mengekspor atau mencetak laporan ke Excel, PDF, CSV, atau gambar

  • Mendukung kontrol akses

Administrator dapat menentukan izin dalam seluruh server, folder tertentu laporan, satu laporan, atau bahkan sel tertentu.

  • Mendukung tampilan laporan di web atau ponsel

Aplikasi pembuat lapoarn modern memungkinkan pengguna untuk mengecek laporan di ponsel kapan saja dan dimana saja.

free report generator

4. Proses pembuatan laporan

Ada dua jenis proses pembuatan laporan, yang pertama adalah pembuatan otomatis dan yang kedua adalah pembuatan semi otomatis.

4.1 Pembuatan otomatis – Berdasarkan template

Mari ambil statistik keuangan sebagai contoh, yang meliputi MoM, YoY, peringkat, dan sangat sering digunakan. Ketika Anda menggunakan aplikasi pembuat laporan seperti FineReport, template statistik keuangan sudah terdapat didalam, dari indikator ke formula dan dari judul ke format. Dengan pembuatan otomatis ini, Anda hanya perlu terhubung ke database Anda dan drag data ke sel yang berkaitan.

report generator

Dari FineReport

Dibandingkan dengan mencari template laporan di Google dan kemudian coba menirunya, template bawaan dalam aplikasi ini lebih indah dan mudah dipakai. Template bawaan ini telah dipelajari dan dipercantik oleh para pakar dan dapat dipakai didalam aplikasi pembuat laporan guna menghemat waktu.

4.2 Pembuatan semi otomatis – Gunakan fungsi profesional untuk menghasilkan tiap modul secara otomatis

Dibandingkan dengan pembuatan laporan otomatis diatas, pembuatan laporan semi-otomatis lebih umum dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang khusus dengan lebih baik.

Secara umum, proses desain laporan lengkap dapat dibagi menjadi tiga langkah berikut:

1. Hubungkan ke database: termasuk membuka perancang > mengkonfigurasi sumber data > membuat laporan baru > dan mengkonfigurasi sumber data pribadi.

2. Desain laporan: termasuk membuat laporan baru > mendefinisikan sumber data > mengikat kolom data > meringkas laporan > dan format laporan.

3. Publikasikan dan telusuri laporan: mencakup preview laporan, menyimpan laporan, mempublikasikan laporan.

5. Aplikasi pembuat laporan

Dari perspektif bahasa pemrograman, terdapat 2 jenis pembuat laporan: Java-based dan non-Java based. Saat ini, dengan meningkatnya penggunaan struktur B/S, permintaan aplikasi pembuat laporan 100% Java meningkat. Dari perspektif interface, terdapat pembuat laporan yang serupa dengan Excel dan cavas. Beberapa aplikasi menggabungkan 2 mode interface ini. Berikut ini adalah 3 aplikasi pembuat laporan yang paling sering digunakan dalam perusahaan.

5.1 FineReport

report generation

FineReport adalah software pembuat laporan Java dengan interface seperti Excel yang mendukung Windows, Mac, dan Linux. FineReport sebagai software pembuat laporan perusahaan yang sama seperti Crystal Report dan SSRS. Anda dapat melihat bahwa banyak perusahaan telah menggantikan Crystal Report dan SSRS dengan FineReport karena fitur modernnya, tampilan data dan entri datanya. FineReport menyediakan tiga jenis laporan: laporan umum, laporan agregasi dan dashboard. Laporan agregasi dapat menangani laporan khusus dan kompleks dengan mudah karena tiap blok agregasi adalah independen. Grafik yang disediakan FineReport sangatlah menakjubkan. Selain itu, fungsi data entry juga merupakan salah satu keandalannya. Fungsi data entry ini mempermudah input data jumlah besar melalui form. Selain itu, FineReport mendukung bahasa inggris, mandarin, jepang, dan korea. Kalau dibandingkan dengan software lainnya, jumlah bahasa yang didukung FineReport termasuk banyak.

Coba Gratis

5.2 Crystal Report

Crystal Report adalah aplikasi pembuat laporan berbasis Windows yang populer yang memungkinkan developer untuk membuat laporan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke berbagai sumber data untuk mendapatkan data seperti SQL Server atau Oracle sebagai contohnya.

Setelah Anda terhubung ke sumber data Anda, Anda dapat merancang laporan Anda dengan menambahkan field dari database yang ditampilkan dari sumber data Anda dan menambahkannya ke dalam laporan.

Sistem three-pass Crystal Report memungkinkannya untuk mengelola hirarki perhitungan secara lebih efisien, memproses perhitungan mentah (field ini ditambah field itu) terlebih dahulu dan agregat nantinya. Namun, menggabungkan laporan ke halaman web terkadang bisa macet, dan Crystal Report tidak memiliki fitur trial apapun.

5.3 Sql Server Reporting Service (SSRS)

SSRS adalah satu bagian dari serangkaian SQL server services. Pada umumnya, perspektif pelaporannya adalah dengan grafik yang sederhana. Interface seperti kanvasnya sangatlah user-friendly untuk developer dimana Anda dapat membuat laporan berskala kecil sampai besar dengan menampilkan objek laporan (tabel, grafik, teks, gambar) kedalam kanvas kosong. SSRS menonjol dalam hal fitur pengeksporan dan pencetakannya seperti footer, header, watermark, dan halaman. Tapi, interaktivitas dan penjelajahan data mungkin terbatas karena kurangnya visualisasi grafik interaktif modern. Disamping itu, SSRS berharga $1.859 per core untuk Standard atau $7.128 per core untuk edisi perusahaan.

Contoh pembuatan laporan

Akhirnya, mari lihat berbagai jenis laporan yang dihasilkan FineReport. Anda dapat menggunakan aplikasi pembuat laporan Anda untuk menirunya. Jika Anda ingin menghemat waktu, Anda dapat menggunakan template bawaan FineReport. Dan kabar baiknya adalah penggunaan pribadinya gratis.

Laporan Drill-down

drill-down reports

Unduh Template

Laporan Combo Tree

Unduh Template

Laporan Agregasi

Unduh Template

Laporan Kueri

Query report

Unduh Template

Anda mungkin juga tertarik dengan…

Software Pelaporan: Panduan Komprehensif 2020

Panduan Untuk Meningkatkan Pelaporan Data Anda

Panduan Lengkap Untuk Mengotomatisasi Laporan

Write a comment…

Related Posts

© All Right Reserved