8 Template Dashboard Gratis Untuk Berbagai Departemen FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

8 Template Dashboard Gratis Untuk Berbagai Departemen

Kenapa Kita Perlu Template Dashboard?

Ketika bos anda menyuruh anda untuk menyerahkan laporan, apakah Anda masih memakai Excel sehingga perlu kerja lembur? Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk memakai software pembuat laporan untuk meningkatkan efisiensi kinerja melalui template dashboard.

Artikel ini akan difokuskan kedalam kenapa Anda perlu sebuah dashboard, cara pengaturannya, dan gimana template dashboard dapat menolong Anda. Untuk meringankan pekerjaan Anda, kita telah membuat sebuah daftar tentang template dashboard gratis yang dapat mempercepat proses perkembangan Anda. Sekarang, ayo mulai secara bertahap.

Apa Itu Dashboard?

Dashboard adalah sebuah set halaman yang dapat dibaca dengan mudah dan memberikan pengguna informasi mengenai bisnisnya secara real-time. Dashboard biasanya memberi gambaran akan status terkini dan tren dalam sebuah organisasi secara grafis. Anda dapat mendapatkan kemungkinan yang membantu Anda dalam membuat keputusan berdasarkan data dan informasi yang bisnis Anda sediakan.

Untuk lebih tepatnya, dashboard adalah representasi grafis dan real-time dari sebuah laporan.

Anda perlu dashboard untuk sumber daya manusia, mengelola operasi, proyek, hubungan dengan klien, teknologi informasi, penjualan, dll. Daftarnya sebenarnya dapat diteruskan.

Jadi gimana sekarang? Pertama, ga perlu coba hal yang baru. Karena semua orang memerlukan dashboard dan template dashboard telah dibuat dan tersedia, Anda cuma perlu melalukan penyesuaian. Saran lain adalah ada baiknya sederhanakan penyesuaian tesebut, cuma simpan fungsi yang Anda perlu.

Contoh Template Dashboard Kami

Kami perlu membuat dashboard untuk admin personal kami dan juga para pengguna. Kita tidak ingin mencoba untuk membuat dashboard yang baru, tapi kita juga tidak ingin menciptakan dashboard yang memiliki terlalu banyak fungsi. Jadi kita pakai widget yang telah ditentukan dan gabungkan mereka semua supaya dapat dipakai secara bermakna. Sangatlah penting untuk menemukan cara terbaik untuk bisnis Anda.

Untuk membuat proses lebih nyaman, kita perlu membuat daftar sumber gratis yang berguna yang dapat Anda pilih. Jika Anda tau software lain yang berguna, tolong komen dibawah. Jadi, inilah salah satu contoh template gratis kami:

Smart City

Unduh template

Template Dashboard

Template Dashboard Manajemen

Dashboard Pengelola Manajer Umum adalah dashboard berbasis ERP tingkat tinggi yang memiliki sistem pendukungan keputusan. Melalui sistem indeks yang detail, status operasi sebuah perusahaan ditampilkan secara real-time dan data yang dikumpulkan akan divisualisikan, secara nyata dan intuitif.

Electricity Power Plant Monitoring

Unduh template

Template Dashboard Penjualan

Melalui dashboard pengelola penjualan, data akan dirangkas dan diotomatisasi, yang membebaskan manajer penjualan dari pelaporan data secara tradisional dan dapat dengan mudah mengumpulkan sejumlah data seperti target penjualan perusahaan, aktivitas penjualan, biaya, dan pengeluaran.

Dashboard Analisa Penjualan

Unduh template

Template Dashboard Finansial

Direktur finansial pada umumnya berfokus kepada data abnormal yang penting. Bagaimana cara mencari abnormalitas dengan lebih efisien dan kecepatan proses pencarian? Bagaimana cara mendesain kombinasi indikator-indikator untuk menampilkan status finansial perusahaan dengan lebih spontan? Ini adalah sejumlah pertanyaan yang biasanya merupakan pusat perhatian para direktur.

Dashboard finansial menyaring dan mengintegrasi indikator-indikator penting yang mempengaruhi kesehatan finansial perusahaan, membuat dalam pembuatan keputusan. dan mendeteksi abnormalitas dalam perusahaan dengan tepat waktu, yang akhirnya meningkatkan efisiensi pengelolaan perusahaan secara menyeluruh.

Dashboard Analisa Posisi Finansial

Unduh template

Template Dashboard Pemasaran

Seiring dengan kondisi pasar yang menjadi lebih kompleks, banyak perusahaan menghadapi banyak tantangan dalam membuat keputusan pemasaran. Membuat sistem data pemasaran secara ilmiah adalah dasar penting untuk memastikan keputusan pemasaran yang telah dibuktikan secara ilmiah.

Dashboard pengelolaan pemasaran diusulkan untuk kepala pemasaran agar mereka dapat mendapatkan gambaran pemasaran secara menyeluruh dan apakah kunci indikator abnormal secara real-time.

Dashboard Analisa Pemasaran

Unduh template

Template Dashboard Operasional

Dashboard operasional menekankan pelaporan informasi secara terus menerus dan real-time. Oleh karena itu, ketepatan waktu data relatif tinggi. Dashboard operasional, yang digunakan untuk memonitor progres harian dan output memastikan bahwa rencana yang dibuat konsisten dengan pencapaian kinerja aktual, yaitu, untuk memastikan bahwa tujuan strategis diurai menjadi cek harian.

Dashboard operasional perlu dimulai dengan kebutuhan bisnis, untuk mewujudkan operasi bisnis yang dapat mengingatkan, memantau dan memiliki fungsi peringatan dini.

Pemantauan KPI: Pemantauan indikator utama dapat memastikan bahwa kita mengontrol keseluruhan operasi, dan menampilkan indikator inti di bidang bisnis, resiko, kinerja, dan area lain dari monitor melalui grafik dan dashboard.

Ambang peringatan dini: Faktor lain yang menyertai KPI pemantauan ini adalah faktor peringatan dini. Peringatan dikeluarkan melalui warna yang menyolok mata seperti sorotan latar belakang (merah, hijau, biru).

Pemantauan data real-time: Dashboard dari beberapa industri memerlukan pemantauan real-time dari indikator utama, seperti pemantauan transaksi pertukaran, pemantauan penerbangan, dan pemantauan operasi jalur bawah tanah.

Sistem Pemantauan Transportasi Cerdas

Unduh template

Template Dashboard Strategis

Peran utama dashboard ini adalah untuk memberi pengguna situasi kinerja sebuah perusahaan dan membuat keputusan secara cepat berdasarkan informasi tersebut dan meringkas peristiwa sebelumnya dan membuat target strategis untuk kedepannya. Situasi kinerja disini berpusat kepada peristiwa yang terjadi sebelumnya. Jadi, dashboard strategis tidak memerlukan tampilan data real-time. tapi ringkasan tampilan visual akan informasi misi yang penting. Informasi singkat dan intuitif ini membantu para manajer untuk membuat keputusan secara cepat dan menemukan masalah yang disebabkan oleh kinerja yang buruk.

Dashboard strategis dapat membantu menajer untuk melaporkan hasil kapan saja, jadi departemen dan perusahaan dapat bekerja sama untuk mencapai target. Mirip dengan dashboard mobil atau pesawat, dashboard ini memberitahu manajer tentang departemen yang mereka pimpin, sampai mana tahap perusahaan saat ini sehingga mereka dapat fokus dalam mengejar target.


Analisa Indeks Finansial Pusat Pembelanjaan

Unduh template

Template Dashboard Analitis

Peran utama dashboard utama bukan hanya untuk memberi para manajer informasi dari permukaan saja, tapi juga informasi mendalam mengenai sebab fenomena yang terjadi di permukaan. Melalui penggalian dan penghubungan parameter yang dimulai dari fenomena tersebut, pencarian sebab seiring konteks data akan dilakukan. Contohnya, kenapa kinerja penjualan menurun dan apa alasan penggunaan waktu yang panjang untuk pemulihan?

Dashboard analitis lebih diusulkan untuk manajemen tingkat menengah dari pengimplimentasian strategi sampai ke tingkat taktis eksekusi. Bagian ini perlu merefleksikan sumber sebab masalah, prioritas, dan aksi langsung.

Dashboard analitis dapat berupa strategis atau operasional, atau lebih strategis. Perbedaan utamanya adalah tingkat informasi. Dashboard ini mengandung perbandingan yang mendetail dari berbagai faktor dan perubahan variabel berdasarkan waktu.


Pusat Analisa Parawisata Cerdas

Unduh template
Catatan: Semua template dashboard diatas dibuat dengan FineReport.

Ringkasan

Karena banyak orang memerlukan dashboard, dashboard sangatlah populer di web saat ini.

Meskipun penggunaan template dashboard dapat meningkatkan efisiensi kinerja, di saat yang sama pula, kita tidak boleh dibatasi oleh template tersebut. Kita perlu menggunakan dashboard untuk menampilkan data yang kita mau melainkan data yang dideskripsikan dalam template dashboard. Dan kadang, tinggalkan bagian yang Anda mau, dashboard kompleks bukan berarti yang terbaik.

Akhirnya, semoga sukses dengan proyek Anda!

Ikuti FineReport Reporting Software untuk lebih banyak panduan dashboard!

Mungkin Anda tertarik juga dengan..

16 Jenis Grafik Terpopuler untuk Visualisasi Data

Top 10 Jenis Peta Dalam Visualisasi Data

Aplikasi Laporan: Panduan Komprehensif 2020

Related Posts

© All Right Reserved