Bagaimana Cara Membuat Dashboard yang Keren? FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

Bagaimana Cara Membuat Dashboard yang Keren?

Dalam tren big data saat ini, visualisasi data di layar besar telah menjadi sebuah mode tampilan interaktif yang setiap orang kagumi. Jika kita dapat memahami dan menguasai teknologi ini lebih awal, saya percaya keahlian ini akan sangat bermanfaat untuk masa depan kita! Kita tahu bahwa dengan memakai software pembuat laporan, kita dapat membuat tampilan di layar besar. Kita dapat melakukan ini melalui layout dashboard dari satu laporan atau beberapa laporan, atau layout halaman dari beberapa laporan. Jadi bagaimana caranya merancang sebuah dashboard yang keren?

Gambar di bawah ini menunjukkan karakteristik dashboard yang sangat baik yang dicantumkan Stephen Few di Kompetisi Desain Grafik Dashboard 2012.

Menurut kriteria penilaian di atas, berapa banyak poin yang dapat Anda capai dalam memvisualisasi data di layar besar Anda?

Untuk dashboard, jika Anda ingin mempresentasikannya dengan sempurna, Anda memerlukan teknisi, desainer UI, dan pengusaha untuk mengkoordinasikan pekerjaan. Tapi untuk pemula dalam analisis data, bagaimana kita membuat dashboard keren kepunyaan kita sendiri?

Kriteria di atas lebih umum. Berikut adalah beberapa faktor spesifik yang saya pertimbangkan ketika menggunakan software pembuat laporan FineReport untuk membuat dashboard. Jika Anda menguasai FineReport dalam membuat dashboard, artinya Anda telah menguasai keterampilan untuk membuat visualisasi data yang keren.

 

Pengguna

Memahami pengguna membantu dalam memahami dekomposisi logika KPI untuk ditampilkan dan data. Dalam kebanyakan kasus, dashboard dipakai dalam manajemen tingkat pemimpin, sehingga ia menunjukkan lebih banyak indikator operasional pada tingkat operasional.

Tata Letak

Orang dulunya membaca dari atas ke bawah, dan posisi tengah adalah yang paling menarik, sehingga konten penting harus ditempatkan di bagian atas atau tengah. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, kita dapat langsung menampilkan informasi indikator penting di bagian atas halaman ini. Tata letak ini adalah struktur yang paling populer dari banyak sistem laporan untuk operator. Indikator digital secara keseluruhan nampak jelas dengan sekali lihat, yang memungkinkan pembaca untuk memahami data umum dalam hitungan detik. Ini adalah cara membaca laporan dengan rasio input-to-output yang tinggi dari waktu.

 

Latar Belakang

Dalam situasi yang berbeda, jika warna latar belakang gelap (biru, biru kehijauan, hitam), efeknya akan lebih jelas ketika dashboard ditempatkan di layar besar. Pada saat yang sama, untuk menampilkan konten dengan lebih jelas, warna antara teks dan latar belakang harus kontras, yang berarti warna teks terang.

Selain menggunakan warna latar belakang, Anda juga dapat menggunakan gambar sebagai latar belakang. Sebagai contoh, gambar berwarna gelap seperti dua gambar di bawah ini memiliki nuansa teknologi.

Skema Warna

Berikut ini adalah skema warna umum yang dikumpulkan dari internet.

Dari Google

FineReport memilki banyak skema warna bawaan yang indah.

Nilai RGB yang spesifik dapat diperoleh melalui software pemilih warna. Terdapat berbagai sumber di internet.

Grafik

Dengan menggunakan teknik grafis seperti ECharts, D3. js, dan Highcharts, memungkinkan pembuatan grafik statis asli seperti histogram dan grafik garis untuk menampilkan data bagi pengguna dengan lebih jelas.

Efek Dinamis

Dashboard yang sempurna memiliki karakteristik interaksi pengguna, dan apa efeknya dapat mencerminkan interaksi pengguna?

Scrolling

 

Tampilan real-time

Linkage

 

Drilling

Detail

Ikon

Menambahkan ikon ke judul, daftar, dan grafik, tidak hanya mereflesikan tema sebuah blok, tapi juga memiliki efek dekoratif.

Garis Pembatas

Garis pembatas membuat blok jelas terpisah dan data dapat dipresentasikan dengan jelas.

Judul

Sebuah judul memperjelas tema. Meskipun blok jelas terpisah dan terdapat banyak grafik dinamis di halaman, tanpa judul, dashboard ini tidak akan sukses, karena kurangnya judul juga akan mempengaruhi keterbacaan sebuah dashboard.

Saya berharap ringkasan di atas dapat membantu Anda dalam tata letak, pencocokan warna, interaksi, dll, sehingga Anda dapat membuat dashboard berkualitas tinggi yang dapat mengejutkan bos-bos Anda. Selain itu, Anda juga dapat merujuk ke gambar dashboard yang tersedia di internet, dimulai dengan imitasi. Menurut saya, desain dapat dipelajari sedikit demi sedikit dan akhirnya Anda akan menemukan cara Anda sendiri dalam mendesain.

Cobalah FineReport untuk membuat dashboard yang menakjubkan dan penggunaan pribadinya gratis loh!

Follow FineReport Reporting Software di Facebook untuk informasi lebih lanjut.

Artikel yang Berkaitan

Bagaimana Pemula Dapat Mendesain Visualisasi Data yang Keren?

25 Efek Grafik yang Membuat Visualisasi Data Anda Nampak Canggih

Related Posts

© All Right Reserved