Apa Itu Visualisasi Data Untuk Layar Besar dan Bagaimana Cara Pengimplimentasiannya? FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

Apa Itu Visualisasi Data Untuk Layar Besar dan Bagaimana Cara Pengimplimentasiannya?

1. Apa Itu Visualisasi Data?

Di era big data, dashboard visual telah menjadi alat yang penting untuk membantu pembuatan keputusan dalam bisnis.

Visualisasi data berarti mempresentasikan data yang kompleks dan abstrak secara visual menjadi data yang lebih dapat dipahami. Visualisasi data didesain untuk mempermudah orang dalam memahami arti dibalik suatu data.

Dengan tambahan kepada fitur visualnya, visualisasi data memiliki karakteristik lainnya seperti komunikasi dan interaksi.

2. Apa itu visualisasi data untuk layar besar?

Visualisasi data untuk layar besar adalah desain dashboard visual dimana layar besar dipakai sebagai tempat tampilan utama. Fiturnya adalah area yang luas, efek dinamis yang keren dan kaya akan warna. Dashboard untuk layar besar dapat digunakan untuk menampilkan informasi, menganalisis data, memantau, dan membuat peringatan dini.

3. Apa kegunaannya di perusahaan?

Untuk mempermudah Anda dalam memahaminya, saya akan membuat beberapa skenario dimana layar besar digunakan di perusahaan.

3.1 Pusat Pemantauan Real Time

Dari FineReport

3.2 Markas Komando Strategis

Dari FineReport

3.3 Pusat Pameran

Dari FineReport

3.4 Pusat Konferens

Dari FineReport

3.5 Pusat Kegiatan

Dari FineReport

4. Bagimana cara memulai visualisasi data untuk layar besar?

Disini saya akan memakai software pemvisualisasi data FineReport sebagai contoh untuk mengajarkan Anda beberapa skill dasar jadi Anda dapat membuat dashboard yang keren untuk layar besar dengan cepat dan efektif.

FineReport menyediakan solusi digital layar besar untuk perusahaan dan dapat dengan mudah membuat dashboard yang keren untuk layar besar tanpa penyesuaian tambahan lainnya. FineReport juga mendukung pengontrolan terpusat layar besar multi-scene. Versi pribadinya gratis dan Anda dapat mengunduhnya untuk memulai latihan dalam memvisualisasi data.

4.1 Pelajari dasar desain dashboard

① Deskripsi

FineReport menggunakan interface operator seperti kanvas yang secara khusus didesain untuk layar besar dan ponsel. FineReport dapat membantu pengguna dalam membuat “manajemen kokpit” yang ampuh dan komprehensif dengan operasi drag and drop yang sederhana. Mode desain dashboard FineReport memiliki banyak keunggulan:

  1. berbagai metode layout: layout adaptif, layout absolut, dan tab layout;
  2. berbagai komponen visualisasi: laporan blokm grafik, dan widget;
  3. komponen linkage: klik satu komponen dan komponen lain yang berkaitan akan terhubung;
  4. pemantauan data: perubahan data dapat dideteksi secara otomatis dan dashboard akan di refresh untuk menampilkan perubahan terkini;
  5. carousel: berbagai grafik dapat diganti di komponen yang sama dalam mode carousel

②Dashboard interface

Buka desainer dan klik File > New Form untuk membuat sebuat template dashboard baru seperti yang ditampilkan dibawah ini.

Dashboard ini memiliki banyak komponen seperti parameter interface, blank block, grafik, dll. Untuk membantu Anda dalam memahami arti tiap komponen, saya akan menambahkan semua komponen kedalam satu interface.

  • Parameter interface: Drag elemen ini kedalam kanvas dan Anda akan mendapatkan sebuat panel untuk memfilter data di report block dan grafik. Anda dapat menambahkan widget kedalam panel.
  • Blank block: Blank block mencakupi tab layout block, absolute layout block, dan report block.

Sebuah tab layout block dapat menampilkan komponen yagn berbeda di tab dan menghasilkan pergantian komponen di mode carousel.

Absolute layout block menetapkan ukuran elemen.\

Report block serupa dengan laporan reguler dan data ditampilkan dalam batas komponen.

  • Grafik: Semua jenis grafik dalam laporan umum dapat di drag kedalam kanvas untuk divisualisasikan.
  • Widget: Widget adalah sebuah komponen yang memfilter data. Widget dapat ditambahkan sebagai satu bagian parameter interface atau sebagai komponen yang terpisah.

4.2 Pilih jenis grafik sesuai dengan indikator

  • Melakukan penelitian tentang kebutuhan bisnis dan mengekstrak indikator kunci berdasarkan skenario bisnis.
  • Tentukan jenis grafik sesuai dengan indikator utama.

Tujuan utama dari visualisasi data adalah untuk menyampaikan informasi dengan lebih jelas. Karena itu, jenis grafik apa yang digunakan untuk menyajikan data yang sangatlah penting. Setelah kita menentukan tipe hubungan data, kita dapat menemukan grafik dan saran penggunaan yang sesuai berdasarkan skenario penggunaan data, dan kemudian pilih dari sana.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai penggunaan berbagai grafik di skenario yang berbeda-beda, Anda dapat membaca artikel ini: “Top 16 Jenis Grafik di Visualisasi Data“.

4.3 Desain layout untuk layar besar

Desain layout dipakai untuk membagi layar besar menjadi beberapa area berdasarkan ukurannya dan menempatkan sebuah indikator bisnis di tiap area. Indikator ini diekstrak berdasarkan tujuan visualisasi data dan dibagi menjadi indikator primer dan indikator sekunder. Indikator bisnis primer biasa ditempatkan di bagian tengah, menempati area yang besar dan indikator sisanya ditempatkan di area sekitar indikator primer. Berikut adalah desain layout yang umum untuk layar besar.

  • Indikator primer: kebanyakan terdapat di bagian tengah layar. Anda dapat menambahkan efek dinamis untuk meningkatkan efek visual.
  • Indikator sekunder: kebanyakan terdapat di sisi layar, umumnya adalah berbagai jenis data atau grafik.

4.4 Pertimbangkan pola warna

Layout yang wajar dapat membuat konten bisnis lebih hierarkis, dan pola warna yang cocok dapat membuat pemirsa lebih nyaman. Warna latar belakang dashboard untuk layar besar biasanya mengikuti dua prinsip ini: warna yang cenderung gelap dan konsistensi. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, saya akan menunjukkan beberapa pola warna yang direkomendasikan.

Dan latar belakang elemen tunggal harus konsisten dengan warna latar belakang keseluruhan agar perbedaan warna tidak nampak jauh. Saya sarankan untuk mencocokkan beberapa elemen komponen individu dengan warna transparan.

4.5 Tambah efek dinamis

Variasi efek dinamis sangatlah luas dan dapat diartikan dari berbagai sudut, seperti animasi latar belakang, animasi loading yang menyegarkan, animasi carousel, animasi grafik berkedip, animasi peta yang mengalir, dll., Yang semuanya termasuk dalam kategori efek dinamis.

Efek dinamis dapat membuat tampilan di layar besar nampak hidup. Tapi, terlalu banyak efek dinamis dapat membingungkan penonton, jadi efek ini perlu diseimbangkan dan konten perlu disorot.

Seperti yang ditampilkan di dashboard pemantauan jalan tol dibawah, nilai Toll Payment di Road Conditions ditampilkan secara dinamis, jadi informasi penting jelas terlihat.

Akhirnya

Apakah Anda sudah paham tentang arti visualisasi data untuk layar besar dan cara pengimplimentasiannya? Jika Anda ingin tutorial tentang pembuatan dashboard layar besar yang lebih mendetail, artikel berikut ini dapat membantu Anda “Panduan Bertahap Dalam Membuat Dashboard Penjualan“. Menurut saya, software pemvisualisasi data FineReport adalah pilihan yang tepat untuk pemula.

Follow FineReport Reporting Software di Facebook untuk tahu lebih lanjut mengenai visualisasi data!

Anda mungkin juga tertarik dengan…

Top 16 Jenis Grafik Di Visualisasi Data

9 Software Pemvisualisasi Data yang Tidak Boleh Anda Lewatkan di 2019

6 Skill Penting yang Perlu Dikuasai Data Analyst

Related Posts

© All Right Reserved