Panduan Pemula Menuju Analisis Finansial FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

Panduan Pemula Menuju Analisis Finansial

Dibandingkan dengan karir dalam akuntansi yang membosankan dan lambat, karir seorang analisis finansial biasanya cukup menarik, lebih teknis, dan perkembangannya lebih cepat.

Tapi bagaimana caranya menjadi seorang analisis finansial?

Apa Itu Analis Finansial?

Analis finansial memiliki fungsi sebagai berikut: menganalisis data finansial, menganalisis data masa lalu, mengendalikan masa kini, dan merencanakan masa depan, sehingga membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasional dan memaksimalkan keuntungan pemegang saham.

Dari Udemy

Prospek Karir Seorang Analis Finansial

Dengan banyaknya perhatian yang ditujukan ke analisis data, banyak bisnis pribadi dan perusahaan terus meningkat dan tingkat penggunaan sistem finansial otomatis juga meningkat. Banyak perusahaan milik negara, perusahaan teknis, ilmiah, dan perusahaan lainnya sekarang sangat membutuhkan analisis finansial.

Banyak orang memiliki satu pertanyaan yang sama. Di masa ini dimana penggunaan AI sangat maju, apakah analisis finansial dapat digantikan oleh AI?

Jawabannya adalah TIDAK. Mengapa? Karena mesin berfokus ke komputasi tapi orang memiliki kemampuan untuk menangani masalah bisnis yang kompleks dan berkomunikasi satu dengan yang lain.

Tugas seorang analis finansial profesional sangatlah bernilai, bukan kerjaan akuntasi atau pembukuan biasa. Karena itu, kerjaan ini tidak dapat digantikan oleh AI (kecerdasan buatan).

Pusat Pembelian

Dibuat dengan FineReport

Coba Gratis

4 Skill yang Perlu Dimiliki Analisis Finansial

Pemikiran Analisis Finansial

Terdapat banyak bahan pembelajaran untuk analis finansial di internet dan sangking banyaknya, mungkin Anda juga bingung mau mulai dari mana. Jika Anda ingin menjadi seorang analisis finanial, saya merekomendasikan Anda untuk terlebih dahulu mempelajari akuntansi sebagai dasar lalu belajar dari manajemen biaya finansial, strategi perusahaan dan manajemen resiko yang akan meningkatkan nilai Anda di perusahaan karena skill Anda tidak hanya terbatas pada akuntansi.

Proses Data Finansial

Sebagai seorang analis finansial, Anda pasti perlu memproses data finansial dalam jumlah banyak tiap harinya. Karena itu, Anda perlu menguasai skill untuk memproses data dengan cepat, data cleaning, memproses data “kotor”, meningkatkan efisiensi pemrosesan data, dan menyingkirkan kerjaan yang sama dan terus berulang guna menghemat waktu.

Fitur data entry FineReport mendukung pengisian data kedalam database dan fitur penjadwalan yang dapat membantu Anda mengirimkan laporan harian, mingguan dan bulanan secara otomatis.

Di saat yang sama, fitur kueri parameter membantu karyawan dari departemen yang berbeda untuk menemukan data yang diperlukan sehingga komunikasi antar departemen meningkat

Coba Gratis

Visualisasi Data Finansial

Skill penting lain yang dibutuhkan seorang analis finansial adalah untuk menampilkan data finansial yang telah diproses kedalam laporan dan cara lain. Penggunaan Excel untuk seorang analis finansial tidaklah cukup. Kecepatan Excel dalam menangani data dalam jumlah yang banyak sangatlah lambat. Karena itu, Anda perlu menggunakan aplikasi pembuat laporan yang mudah digunakan untuk menganalisis data finansial dan “menggerakkan” laporan finansial Anda.

Disini, saya akan menggunakan FineReport sebagai contoh. FineReport mendukung koneksi ke berbagai database sehingga mempermudah koneksi data dari departemen yang berbeda untuk diproses. Interfacenya yang seperti Excel juga mempermudah Anda dalam mempelajarinya.

Coba Gratis

Dibandingkan dengan laporan yang dibuat dengan Excel, apakah dashboard dengan interaksi yang kaya seperti ini akan membuat atasan Anda lebih puas?

Kemampuan Pendapatan Data Industri

Sebagai seorang analis finansial, skill penting lain yang perlu Anda miliki adalah untuk mendapatkan dan memahami data industri dengan cepat. Anda perlu memastikan bahwa skill perencanaan strategis dan manajemen Anda up-to-date dan Anda akan dapat menganalisis finansial secara horizontal dan vertikal.

Untuk kebanyakan analis finansial yang tidak memiliki dasar programing, terdapat banyak cara untuk meng-crawl data. Anda akan menjadi lebih menonjol jika Anda menguasai bahasa pemrograman. Sekarang terdapat bahasa pemrograman. Python mungkin adalah bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari dan terdapat banyak kode yang siap dipakai di internet, Anda hanya perlu mengganti beberapa setting.

Cara Membuat Laporan Finansial yang Baik

Membuat laporan finansial adalah skill inti yang diperlukan seorang analis finansial. Jika Anda tidak tahu indikator mana yang penting, Anda dapat membaca laporan performa dari investor perusahaan untuk mengetahui dari sudut mana CFO perusahaan menginterpretasikan performa perusahaan dan cara mempresentasikan “cold figures” Anda juga dapat membaca bagian “Management Discussion and Analisis” dari laporan finansial perusahaan dari perusahaan terdaftar.

Ketika Anda membaca, Anda perlu memfokuskan pembelajaran Anda ke aspek berikut ini:

  • Cara menulis laporan finansial yang sederhana dan berfokus kepada judul
  • Aspek mana yang merefleksikan performa
  • Cara menganalisis sebab dari hasil tertentu
  • Cara “berbicara” dengan grafik

Laporan finansial berikut dibuat dengan FineReport. Jika Anda tertarik, Anda dapat mengunduhnya dan mencobanya secara gratis.

Coba Gratis

Anda mungkin juga tertarik dengan…

3 Jenis Laporan yang Perlu Dipelajari Seorang Analis Bisnis

3 Tahap Untuk Menganalisis Laporan Finansial Dengan Efektif

6 Metode Analisis Data Untuk Membantu Anda Membuat Laporan Finansial yang Baik

Related Posts

© All Right Reserved