Pelaporan Perusahaan: Panduan Komprehensif 2020 FineReport | BI Reporting and Dashboard Software

Pelaporan Perusahaan: Panduan Komprehensif 2020

1. Apa Itu Pelaporan Perusahaan?

Pelaporan perusahaan adalah sebuah proses pengekstraksian, pemrosesan, pengelolaan, analisis dan tampilan data dalam perusahaan. Pelaporan ini menggunakan aplikasi pelaporan perusahaan untuk mengubah data menjadi grafik, tabel, widget atau cara visualisasi lainnya. Pelaporan ini menyediakan berbagai interaktivitas, jadi pengguna dapat menemukan masalah dalam bisnis dan membuat keputusan berdasarkan data laporan.

Langkah utama adalah untuk menghasilkan laporan berdasarkan data bisnis, mendistribusikan laporan, dan mengelola laporan.

Dalam langkah pertama, laporan biasanya dibuat oleh aplikasi pelaporan perusahaan. Aplikasi pelaporan perusahaan membantu mengatur laporan manual sebagai template laporan untuk kedepannya mengotomatiskan laporan bisnis .

Kemudian mesin pelaporan menerbitkan laporan ini ke portal pelaporan untuk memberi akses ke pengguna akhir non-teknis. Dengan cara ini, pengguna dapat memperoleh wawasan dari data dan membuat keputusan berdasarkan data.

Portal pelaporan perusahaan juga membantu mengatur dan mengelola laporan sesuai dengan topik bisnis untuk mempermudah pengguna dalam menemukan laporan.

2. Apa Perbedaan Antara Pelaporan Perusahaan dan Business Intelligence?

Menurut arsitektur fungsional business intelligence, BI dapat dibagi menjadi tiga tingkat: tampilan, analisis, dan dukungan.

business intelligence architecture

Dari FineReport
Di bagian tengah adalah teknologi visualisasi data di tingkat tampilan. Terlepas dari urutan yang berbeda dan kebutuhan akan analisis mendalam, teknologi visualisasi data dapat memenuhi tujuan penggunaan BI yang paling mendasar yaitu mentransformasikan data menjadi informasi dan membantu pengambilan keputusan. Dan pelaporan perusahaan adalah teknologi visualisasi data utama di sebagian besar perusahaan.

Oleh karena itu, business intelligence adalah kategori yang lebih luas yang mencakup pemrosesan data, membuat pelaporan, analitik, dan juga visualisasi. Dan pelaporan perusahaan adalah kategori yang lebih spesifik dalam BI. Selain itu, fitur aplikasi pelaporan perusahaan dapat dikaitkan dengan rangkaian software business intelligence (BI).

3. Masalah yang Umum Ditemukan Dalam Pelaporan Perusahaan

Untuk departemen TI, pembuatan laporan perusahaan adalah kerjaan yang terus perlu diulang dan mungkin kadang bisa tertunda. Seringkali karyawan perlu kerja lembur karena alasan ini. Selain itu, mungkin sulit untuk menanggapi permintaan baru dengan cepat karena ekspansi sistem yang buruk dan pembuatan laporan perusahaan sangatlah memakan waktu.

Untuk pembuat laporan, data bisnis terlalu tersebar untuk dapat digunakan. Pemrosesan data manual memiliki masalah berikut: beban kerja yang berat, tingkat akurasi dan keamanan yang rendah. Selain itu, laporan asli mungkin tidak dapat memenuhi permintaan bisnis baru.

Untuk manajer atau pengguna akhir lainnya, tidak terdapat portal manajemen pelaporan terpadu untuk memiliki pandangan komprehensif tentang semua informasi dan Anda mungkin tidak nyaman untuk menampilkan laporan dalam rapat atau memeriksanya dalam bisnis trip.

4.1 Arsitek Pembuat Laporan Perusahaan

enterprise reporting architcture

Dari FineReport

Berdasarkan proses dari data ke pengetahuan, arsitektur fungsional dari sistem pelaporan perusahaan umum dapat dibagi menjadi tiga tingkat fungsional: data yang mendasar, analisis data, dan penyajian data.

Data yang mendasar bertanggung jawab untuk memanajemen data, termasuk pengumpulan data, ETL, membangun gudang data, dll.

Analisis data adalah tentang pengekstraksian data dari data warehouse dan menganalisisnya dengan metode analisis seperti kueri, OLAP, data mining, dan visualisasi data untuk menyimpulkan data.

Pada akhirnya, menampilkan wawasan data seperti laporan dan grafik visual melalui presentasi data.

Selain itu, pada tingkat data yang mendasar, perusahaan umumnya memiliki beberapa sistem bisnis, seperti CRM, ERP, OA, dll., dan data bisnis tersebar di sistem independen ini. Mengekstrak dan mengintegrasi data dari sistem yang berbeda-beda sangatlah sulit. Anda mungkin memerlukan aplikasi pelaporan database yang berbeda.

Dengan platform ini, Anda akan dapat dengan mudah menggabungkan data dan koneksi ke sistem.

FineReport dapat menangani masalah ini. Karena FineReport mendukung banyak sumber data dan integrasi data. FineReport dapat menetapkan berbagai data set dalam suatu laporan dan kemudian mengekstrak data dari database yang berbeda kedalam tabel.

FineReport Structure

Arsitektur FineReport

4.2 Pilih Sebuah Aplikasi Pelaporan Perusahaan

Apa Tujuan Aplikasi Pelaporan Perusahaan?

Selain dari memvisualisasi data, aplikasi pelaporan perusahaan dapat mengurangi biaya pembuatan laporan dan meningkatkan efisiensi pendapatan data melalui analisis interaktif seperti drill down sehingga masalah dalam bisnis dapat ditemukan.

Apa Itu Aplikasi Pelaporan Perusahaan yang Baik?

1. Mudah digunakan

Interface drag and drop yang mudah digunakan bahkan untuk pengguna non teknis. Siapapun dapat membuat template laporan dalam 1 jam. Setelah template selesai dibuat, laporan akan diupdate berdasarkan sumber data terkini yang dapat meningkatkan efisiensi pembuatan laporan.

enterprise reporting tool

Dari FineReport

2. Desain laporan yang berbeda untuk keperluan yang berbeda

Pembuat laporan sering diminta untuk membuat laporan yang berbeda-beda dalam kerjaan. FineReport menyediakan 3 jenis laporan: laporan umum, laporan agregasi dan dashboard.

Laporan umum dipakai untuk membuat laporan umum seperti grouping report, master/subreport, tree report, dan laporan lainnya.

general report

Dari FineReport

Laporan agregasi dipakai untuk membuat laporan khusus. Jika kita ingin membuat laporan kompleks seperti yang ditunjukkan dibawah ini, Anda perlu terus men-split dan merge sel Excel. Dalam mode laporan agregasi, tiap blok agregasi bersifat independen. Anda dapat men-drag and drop untuk menggabungkan mereka untuk membuat laporan khusus.

irregular report

Dari FineReport

Dashboard dipakai untuk membuat analisis multi-perspektif. Dengan hanya sekali desain, Anda dapat menampilkannya di berbagai perangkat seperti ponsel, tablet, dan layar besar.

dashboard

Dari FineReport

3. Mendukung desain dari mana saja

Biasanya, perancang laporan terinstal dalam komputer, tapi server dimana proyek berada terdapat di komputer lain. Dalam kasus ini, kita perlu menaruh perancang dan laporan di komputer yang sama lalu kita dapat mengubah dan menggunakan file. Tapi, pengubahan dari jarak jauh biasanya bisa menjadi lambat.

Dengan FineReport, Anda dapat menggunakannya untuk mendesain laporan dan mempublikasi template dari mana saja.

Effiecient Reporting tool

4. Kueri dan filter data yang mudah

Dalam aplikasi pelaporan perusahaan, laporan juga perlu memenuhi keperluan kueri departemen yang berbeda. Ini memerlukan software pelaporan untuk memenuhi keperluan data kueri tersebut.

Contohnya, departemen keuangan sering perlu mengecek laporan keuangan tahunan di tahun-tahun lalu. Dulunya, data tiap tahun perlu diekstrak secara terpisah dan dirangkum kedalam tabel. Tapi dengan FineReport, data laporan tahunan dapat dicari dengan mengatur parameter. Setelah paratemer diatur, tinggal pilih tahun yang Anda inginkan, lalu data akan ditampilkan.

data query and filter

Dari FineReport

5. Fitur data entry cerdas dan unik

Laporan umumnya dipakai untuk mempresetasikan data dalam berbagai grafik dan mengekstraksi data dari database. Tapi dalam banyak kasus, kita perlu menambah atau mengubah data dalam database. Contohnya, karyawan sering perlu mengubah atau memasukkan informasi karyawan baru. Dengan ftiru data entry FineReport, ini akan menjadi lebih mudah.

data entry

Dari FineReport

Setelah template laporan diatur dan sel diikat ke field database yang berkaitan, data dalam database dapat langsung ditambah atau dihapus melalui laporan. Untuk menghindari data format yang berbeda, Anda dapat mengatur kondisi tertentu untuk memverifikasi dan mengecek data.

4.3 Membuat Portal Pelaporan Perusahaan

Portal pelaporan perusahaan terpadu adalah bagian yang sangat penting dalam pelaporan perusahaan.

Keunggulan Portal Pelaporan Perusahaan

Portal pelaporan dapat mengelola laporan bisnis yang tersebar di sistem bisnis yang berbeda dan menggabungkan mereka untuk memadukan laporan perusahaan.

Portal ini juga memiliki tingkat keamanan yang nyaman untuk pengguna dan juga mengimplimentasi pengelolaan pengguna dan memberi kontrol akses.

Beberapa portal pelaporan perusahaan juga menyediakan analisis data seperti kueri fleksibel dan statistik multi-dimensi.

Menggunakan FineReport untuk membuat portal pelaporan

Mari kita lihat bagaimana cara FineReport menangani masalah dalam mengatur akses ke laporan.

1. Mengelola pengguna

Umumnya, laporan perusahaan ter-embed di tiap sistem. Sangatlah memakan waktu ketika manajer ingin melihat laporan. Solusi terbaik adalah untuk membuat platform manajemen laporan perusahaan untuk mengakses tiap sistem melalui aplikasi yang terpadu.

FineReport memiliki platform pembuat keputusan bawaan. Fitur ini dapat secara langsung mengontrol akses, sumber sistem, konfigurasi, dll. Manajer di tiap tingkat dapat melihat semua laporan sesuai dengan akses yang diberikan ke mereka melalui portal ini.

user management

Dari FineReport

2. Jadwal

Untuk mendapatkan data tiap aspek secara tepat waktu, manajer biasanya akan meminta departemen untuk mengirimkan laporan harian dan mingguan yang akan menambah beban kerja si pembuat laporan. Fitur jadwal dari FineReport dapat mengimplimentasi laporan mingguan dan harian secara reguler. Tugas tertentu dapat dihasilkan berdasarkan frekuensi siklus atau kondisi yang telah ditentukan. Anda juga dapat mengatur pengiriman laporan ke atasan melalui email atau sms.

enterprise reporting portal

Dari FineReport

3. Aplikasi ponsel

Saat ini, banyak perusahaan bergantung pada komputer ketika mengecek laporan. Tapi untuk si pembuat keputusan, mereka seringkali perlu keluar untuk bisnis trip. Karena itu, mereka tidak mengecek laporan dari komputer dan kadang peluang untuk menyesuaikan bisnis dapat terlewatkan. Karena itu, FineReport menyediakan aplikasi ponsel agar Anda dapat mengecek laporan dengan tepat waktu.

mobile app

Dari FineReport

Rangkuman

Tidaklah sulit untuk membuat sistem pelaporan perusahaan. Inti pelaporan perusahaan adalah pemrosesan dan presentasi data. Karena itu, pilihlah aplikasi pelaporan perusahaan yang tepat.

Klik disini untuk mengunduh FineReport secara gratis. Anda juga dapat memfollow FineReport Reporting Software untuk informasi lebih lanjut!

Anda mungkin juga tertarik dengan…

Top 10 Aplikasi Pelaporan Gratis dan Open Source 2020

Aplikasi Pembuat Laporan yang Jauh Melampaui Excel 2019

Daftar Aplikasi Pembuat Laporan Terbaik yang Tidak Boleh Anda Lewatkan di 2020

Related Posts

© All Right Reserved